Twill

Apa Itu Kain Twill dan Kain Katun Twill?

Posted on

Kain Twill – Mengenal tentang kain katun twill yang merupakan jenis dari kain katun. Bahan kain katun twill ini banyak digunakan di negara beriklim tropis.

Contohnya Indonesia bahan kain katun twill ini sangat disukai karena karakteristik dari kain yang nyaman pada saat dipakai.

Dengan berkembangnya teknologi tenun menjadikannya banyak menemukan teknik terbaru dalam proses pembuatan kain.

Salah satu tekniknya adalah Twill, dan pada akhirnya memproduksi dengan menggunakan bahan katun dengan teknik twill ini dan mendapatkan kain dengan tekstur dan pola yang baru.

Dan sekarang jenis kain katun twill ini banyak disukai di pasaran sehingga nama kain ini cukup populer di kalangan perancang busana dan juga konsumen.

Apa itu Twill?

Twill merupakan nama teknik tenun modern untuk membuat kain dengan memiliki pola sejajar atau pola garis diagonal searah.

Kain Twill
Kain Twill

Bila dilihat di permukaan kainnya pola garis diagonal ini akan terlihat dengan posisi melintang atau miring.

Ada dua jenis pola pada kain twill yang dikenal dengan nama diagonal rib dan diagonal wale.

Pola kain khas pada kain twill ini terbentuk dari teknik tenun dengan cara melewatkan benang pakan dan di atasnya benang lungsin, selanjutnya masuk kebawah dua benang lungsin.

Baca Juga : Mengenal Bahan Kain Diamond Crepe Seperti Karakteristik dan Teksturnya

Proses pola ini di ulang-ulang sampai akhirnya menjadi sebuah kain yang lebar dan panjang.

Sebagai contoh untuk pola diagonal wale dengan teknik tenun twill ada pada pola kain jeans atau denim yang bisa kamu lihat secara langsung.

Bahan Twill Itu Seperti Apa?

Untuk bahan twill ada banyak, karena twill sendiri adalah teknik tenun yang bisa menggunakan bahan apa saja.

Misalnya bahan kapas, bahan wol dan serat-serat lainnya yang nantinya akan menghasilkan jenis kain twill.

Baca Juga : Apa itu Bahan Baby Terry dan Kegunaannya?

Jadi kain twill adalah kain yang dibuat dengan teknik tenun twill dengan bahan dasar yang bermacam-macam.

Untuk kualitas kain twill ini bagaimana bahan baku pembuatnya, bila menggunakan bahan dasar kain twill nya bagus maka akan mendapatkan hasil kain yang bermutu juga.

Bahan Twill Sueding

Kain twill ini mempunyai ketebalan kain yang baik serta kain yang ringan, maka kain ini banyak digunakan untuk bahan pakaian seperti baju, celana dan jaket.

Tetapi bahan twill yang banyak di pasaran dan banyak di maksud orang adalah kain katun twill.

Kain katun twill ini ada nama lainnya yaitu kain katun cina. Untuk kain katun twill juga mempunyai banyak jenis dengan kualitas yang berbeda juga tiap jenisnya.

Maka untuk fungsi kain nya pun berbeda-beda penggunaan kainnya. Bedanya mutu kain di pengaruhi juga dari kualitas bahannya.

Bila kain katun twill premium maka bahan yang digunakan juga adalah 100% Kapas dengan kualitas bagus, bila kurang berkualitas bisa jadi serat bahannya hasil campuran.

Apa Itu Kain Katun Twill?

Setelah mengetahui tentang apa itu twill yaitu teknik tenun modern. Selanjutnya bahan twill sebagai bahan pembuatan dari kain twill.

Kain Katun Twill
Kain Katun Twill

Sekarang lebih mengenal tentang Kain Katun Twill, yaitu kain yang terbuat dari serat kapas yang di tenun menggunakan teknik Twill.

Karakteristik Kain Katun Twill

Tiap kain pasti mempunyai dua sisi bagian depan dan bagian belakang, untuk jenis kain twill ini mempunyai ciri khas pada permukaan depan terlihat pola garis-garis diagonal yang mempunyai daya tahan kuat.

Bahan Twill
Bahan Twill

Dan pada bagian belakang pola kainnya tidak menonjol atau timbul jadi kamu dengan mudah bisa membedakan mana yang bagian belakang dan mana yang bagian depan.

Bertiku adalah karakteristik kain katun twill yang harus kamu ketahui.

1. Motif Kain Pola Diagonal

Bisa dilihat dengan jelas untuk permukaan kain twill ini berpola garis-garis diagonal itu adalah ciri khusus kain katun twill.

Tampilan pola kain twill ini sama dengan pola yang dimiliki oleh kain drill, tetapi ada bedanya.

2. Kain Terasa Adem

Kain katun twill ini memiliki sifat yang adem saat digunakan ini karena bahan dasarnya dari serat katun.

Maka kain katun twill ini cocok untuk bahan dasar busana yang dipakai di iklim tropis misalnya Indonesia.

Kain ini juga cocok untuk dijadikan bahan dasar pembuatan hijab, gamis dan kerudung agar tidak mudah gerah karena cuaca.

3. Tekstur Kain Tipis

Bila dibandingkan dengan jenis kain lainnya, untuk kain katun twill ini memiliki tekstur yang lebih tipis.

Tetapi walaupun tipis kain ini tidak menerawang, karena teknik tenun yang bagus akan mengasilkan mutu kain dengan kerapatan benang jadi tidak transparan.

Kain katun twill ini banyak digunakan di daerah yang mempunyai Iklim Tropis.

4. Warna Kain Tidak Mencolok

Hasil dari teknik tenun twill ini mengakibatkan katun tidak bisa memberikan warna yang kuat.

Jadi sebagian besar kain katun twill ini mempunyai warna-warna yang tidak mencolok.

5. Daya Tahan Kuat

Karakteristik ini yang menjadi kelemahan utama untuk jenis kain katun twill.

Dengan teknik twill membuat serat kain menjadi lebih kuat dengan begitu kain katun twill ini memiliki daya tahan yang kuat.

Kain ini cocok untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan, selain kuat kain ini juga mudah untuk cuci karena tidak mudah robek maupun tidak gampang lapuk.

6. Perawatan Yang Mudah

Kain yang mempunyai daya tahan kuat biasanya mudah juga dalam proses perawatannya.

Bila kain katun twill ini kotor kamu bisa dengan mudah mencucinya dan juga bisa di campur dengan baju kotor lainnya pada mesin cuci.

Untuk deterjen yang dipergunakan juga standar tidak ada deterjen khusus, kain katun ini tidak akan berkurang kualitasnya dengan penggunaan deterjen standar sekali pun.

7. Kain Mudah Menyerap Keringat

Karena bahan dasarnya adalah kapas atau katun yang sudah banyak di ketahui bahwa mudah menyerap keringat, jadi kain katun twill pun mudah menyerap keringat.

Di dunia fashion sekarang ini bahan katun twill banyak di gemari oleh para perancang busana di sebabkan kelebihan dan karakter kain yang di milikinya.

8. Kain Yang Lembut di Kulit

Walau pun tampilan dari tekstur kain ini kasar, tetapi bila kamu raba maka kamu akan merasakan kelembutan.

Kelembutan ini datang dari bahan dasar kapas alami yang mempunyai sifat lembut, jadi kain ini akan terasa nyaman di kulit pada saat di pakai.

Keunggulan Kain Katun Twill

Kelebihan dari kain katun twill ini ada pada karakteristik diatas, tetapi biasanya kelebihan katun twill ini dilihat pada produk yang sudah jadi.

Baca Juga : Kain Diamond Kain Yang Cocok Untuk Bahan Dasar Kerudung

Karena sudah pernah digunakan langsung busana dengan bahan dasar kain katun twill, dibawah ini keunggulan yang ada pada kain katun twill.

1. Kain Memiliki Elastisitas

Bahan dari kain twill cotton ini tidak murni 100% bahan kapas alami, tapi di kombinasikan dengan campuran bahan spandex dengan komposisi 2%.

Jadi kain yang dapat dihasilkan mempunyai sifat elastis yang jadi keunggulan kain ini.

2. Warna Kain Tahan Lama

Kain katun twill ini memang tidak memiliki warna yang kuat tapi kelebihanya adalah warnanya yang tahan lama walau sering di cuci.

Warna yang awet ini di sebabkan campuran spandex yang mengikat warna pada kain jadi tidak mudah luntur atau pudar.

3. Daya Serap Air Yang Baik

Setiap bahan kain yang berbahan dasar katun pasti mempunyai daya serap keringat yang bagus, walau pun tiap jenis bahan katun mempunyai kadar yang berbeda-beda.

Untuk kain katun twill sudah mempunyai daya serap air yang cukup, sehingga jenis kain ini cocok sekali untuk digunakan pada cuaca panas atau iklim tropis.

4. Efek Dingin

Pakaian yang menggunakan bahan katun twill ini mempunyai efek adem saat digunakan,

Efek dingin pada kain katun twill ini menjadikannya tidak hanya untuk bahan pakai saja tetapi juga untuk bahan sprai.

5. Kain Yang Awet

Salah satu keunggulan dari bahan kain katun twill ini adalah daya tahan nya yang kuat, cocok untuk bahan pakaian yang digunakan di outdoor atau lapangan.

Teknik tenun twill ini berperan penting membuat bahan kain katun twill ini berdaya tahan kuat walau sering di cuci pakai.

Kekurangan Kain Katun Twill

Selain keunggulan pasti ada kekurangan pada kain twill ini, kamu harus tau kekurangan kain twill sebelum menggunakan produk pakaiannya.

1. Warna Kain

Walau kain katun twill ini warnanya tidak gampang pudar pada waktu proses mencuci, kain ini dari awalnya tidak memiliki warna yang kuat.

Makan tampilan busana ini buat yang ingin memberikan kesan ceria jadi kurang cocok, kain ini lebih untuk yang kalem, soft dan simpel.

2. Kain Agak Tipis

Bila kamu bandingkan dengan bahan katun jepang, katun twill ini lebih tipis gramasinya.

Tapi walau pun tipis kain twill ini tidak menerawang jadi masih cocok untuk jadi bahan pakaian muslimah seperti gamis dan hijab.

3. Kain Ini Kualitas Sedang

Kualitas ini sedang disebabkan kualitasnya masih dibawah kain katun jepang. Bila di cek dari tekstur, karakteristik, daya serap serta kelembutan, masih dibawah katun jepang.

Apalagi untuk mutu warna kain dan juga ketebalan kain masih dibawah bahan katun jepang.

Demikian ulasan singkat tentang apa itu twill, bahan twill, kain katun twill serta karakteristik, kelebihan dan kekurangannya.


(Shane Hijab)

One thought on “Apa Itu Kain Twill dan Kain Katun Twill?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *