bahan masker kain

Inilah 5 Jenis Bahan Masker Kain Yang Bagus Dan Anti Bakteri

Posted on

Bahan Masker Kain – Di masa pandemi sekarang ini perlengkapan wajib yang harus di bawa dan di pakai bila akan bepergian atau keluar rumah adalah masker.

Dengan menggunakan masker potensi terpapar virus covid 19 akan lebih kecil, dan ditambah dengan menjaga jarak serta rajin mencuci tangan.

Sebab saat ini penyebaran virus terbilang tinggi sehingga penggunaan masker menjadi hal yang harus dan wajib.

Pada artikel ini akan dibahas tentang bahan kain yang bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat masker kain, supaya bisa melindungi kamu dari tertular virus covid 19 dan virus lainnya.

Apa Itu Masker

Pengertian Masker adalah pelindung dari partikel-partikel kecil yang ada di udara (virus) dengan bentuk yang menutupi wajah dari mulai pangkal hidung hingga bagian bawah dagu,.

model masker kain terbaru

Fungsinya untuk melindungi dari percikan air liur atau droplet dari orang yang sakit saat berbicara, bersin atau batuk.

Sebab virus corona bisa menular melalui percikan air liur atau droplet, dengan menggunakan masker yang sakit tidak bisa menularkan kepada yang sehat sebab terhalang masker.

Begitu juga dengan yang sehat memakai masker melindungi dari menghirup droplet dari orang yang sakit.

3 Jenis Masker Untuk Virus Corona

Ada berbagai jenis masker di pasaran yang sebagian fungsinya hanya bisa menangkal polusi tidak bisa untuk menangkal penularan virus corona.

harga masker kain

Berikut ini adalah 3 jenis masker yang di rekomendasikan, untuk mencegah penularan virus covid19.

1. Masker Kain

Masker ini bisa kamu buat sendiri atau bisa juga dibuat di pabrik dengan menggunakan bahan dasar kain dengan berbagai bentuk serta motif yang kekinian.

masker kain hijab

Masker jenis ini biasa digunakan untuk mengurangi polusi debu saat melakukan konstruksi bangunan misalnya, tampilan masker ini seperti masker medis pada umumnya.

Tetapi masker kain ini tidak efektif bila digunakan untuk melindungi dari paparan virus semisal virus covid 19 hanya bisa mengurangi resiko terpapar bila digunakan dengan baik yaitu menutupi hidung mulut sampai dagu.

Tidak semua jenis kain bisa digunakan untuk bahan dasar pembuatan masker kain ini. Bahan masker kain ini harus serat yang berkualitas dan dapat memfilter partikel di udara.

2. Masker Bedah

Jenis masker bedah atau surgical mask adalah masker yang hanya bisa digunakan atau di pakai sekali saja, biasanya digunakan oleh tenaga medis.

bahan masker kain yang bagus

Jenis masker ini lebih efektif untuk meminimalisir penyebaran virus seperti covid, sebab mempunyai lapisan yang bisa menghalau droplet dan menyaring partikel lebih kecil.

Bila dibandingkan dengan bahan masker kain yang tidak bisa menyaring partikel yang lebih kecil lagi.

Spesifikasi dari masker bedah ini mempunyai 3 lapisan dengan setiap lapisan memiliki fungsinya masing-masing.

  • Lapisan Bagian Luar adalah Anti Air
  • Lapisan Bagian Tengah, memiliki fungsi untuk filter kuman
  • Lapisan Bagian Dalam Memiliki fungsi untuk bisa menyerap cairan yang keluar dari mulut (droplet).

Maka bila kamu sedang sakit sangat dianjurkan untuk memakai masker jenis ini, sebab dari 3 fungsi diatas akan sangat efektif untuk meminimalisir penularan penyakit seperti virus corona.

3. Masker N95

Untuk jenis masker N95 ini memiliki efektifitas yang tinggi untuk bisa mencegah penularan virus covid, bila dibandingkan dengan bahan masker kain.

bahan masker kain 3 lapis

Sebab masker ini tidak hanya memiliki fungsi untuk menghalau droplet tetapi bisa menyaring partikel kecil di udara yang bisa saja mengandung virus.

Harga dari masker n95 ini lebih mahal bila dibandingkan dengan masker bedan dan masker kain, ditambah masker N95 di desain secara ketat agar pas untuk bisa menutupi bagian mulut dan hidung.

Walau memiliki perlindungan yang bagus tetapi jenis masker N95 tidak direkomendasikan untuk digunakan sehari-hari.

Sebab dengan memakai masker N95 kamu akan merasa gerah, sulit bernafas dan juga tidak akan betah bila digunakan dalam waktu yang lama.

Masker N95 lebih di utamakan untuk para tenaga medis yang bertugas secara langsung dalam kontak langsung dengan para penderita virus covid.

Itulah ulasan singkat tentang 3 jenis masker yang ada di pasaran yang bisa kamu pilih untuk digunakan di masa pendemi sekarang ini.

Kenapa Harus Memakai Masker Kain?

Buat menjawab dari pertanyaan seperti diatas ini maka kamu bisa melihat dari sudut pandang kelebihan masker kain bila di bandingkan dengan masker bedah dan masker N95.

masker kain

Jenis masker kain ini memiliki keunggulan sehingga banyak yang merekomendasikan untuk memakainya. Kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan bahan masker kain di pasar.

Berikut ini beberapa keunggulan dari masker kain yang perlu kamu ketahui.

1. Masker Kain Bisa Menahan Droplet

Kegunaan utama dari masker ialah untuk bisa menyaring partikel yang berukuran kecil seperti virus biar tidak bisa masuk ke saluran pernafasan kamu.

Oleh sebab itu masker kain memiliki efektifitas untuk bisa menangkal partikel virus tersebut.

Hal lainnya adalah masker kain ini bisa menahan droplet dari percikan saat bersin atau bantuk, yang dropletnya mengandung virus.

2. Mengurangi Sampah

Salah satu kekurangan dari masker medis atau masker bedah adalah sampah yang dihasilkan jadi menumpuk sebab masker jenis ini hanya di pakai sekali saja.

Setelah itu dibuang, maka dengan menggunakan masker kain hal itu tidak terjadi, sebab masker kain bisa dicuci dan digunakan lagi.

Tetapi untuk tenaga medis memang di anjurkan menggunakan masker medis untuk keamanan para tenaga medis yang berhadapa langsung dengan orang yang sakit.

3. Mudah Untuk Di Cuci

Selanjutnya adalah masker kain ini bisa dicuci berkali-kali dan digunakan lagi, tapi perhatikan juga cara mencuci masker kain yang benar.

Bila menggunakan masker kain putih dan ingin membersihkannya jangan pernah disatukan dengan cucian pakaian.

Dengan begitu pengeluaran untuk masker akan lebih hemat karena bisa di pakai ulang setalah di cuci, berbeda dengan menggunakan masker medis yang hanya bisa di pakai sekali dan dibuang.

Bila sehari menggunakan 1 masker medis maka sebulan sudah menggunakan 30 masker medis yang berbeda.

4. Harga Masker Kain Lebih Murah

Keunggulan lainnya yaitu harga masker kain yang relatif terjangkau, harga satu masker kain sekitar Rp. 5.000 hinggal sepuluh ribuan saja.

Harga tersebut jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga masker medis yang harganya tinggi.

Kamu bisa cek model masker kain terbaru di marketplace atau online shop, untuk rate harganya.

Sekarang ini yang jual masker kain banyak dengan berbagai varian misal masker kain karet dan lain-lain.

Selain itu ada banyak ukuran masker kain, gambar pola masker kain 3D, serta jenis masker kain hijab untuk para muslimah.

Kamu juga bisa membeli bahan masker kain motif, bahan masker kain anti bakteri atau bahan masker kain 3 ply untuk dibuat sendiri di rumah.

Sebab bahan masker kain ini ada banyak sekali dipasaran, bisa kamu beli dan membuat sendiri masker kainnya.

Ada banyak juga tutorial membuat masker kain di youtube mulai dari cara pembuatan, cara memakai masker kain dan cara membuat pola masker.

Jenis Kain Yang Bisa di Gunakan Untuk Membuat Masker Kain

Penting sekali untuk tahu bahan masker kain yang bagus apa saja, yang bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan masker kain.

bahan masker kain polos

Karena ada banyak jenis kain yang bisa dijadikan sebagai bahan bahan masker kain, berikut ini adalah jenis kain yang cocok untuk masker kain.

1. Bahan Kain Katun

Masker kain katun lebih mudah untuk di dapatkan sebab bahan kapas ini mudah untuk ditemukan di pasaran.

Bahan kain ini cukup terkenal sebagai bahan dasar pembuatan masker berbahan kain, hal ini disebabkan banyak keunggulannya.

Misalnya dengan kain katun proses bernafas lebih mudah bila dibandingkan dengan masker medis.

Bahan katun ini lebih unggul pada sirkulasi udara jadi lebih mudah dalam bernafas saat menggunakan masker kain katun ini.

Selain itu kain katun ini mempunyai serat yang kecil yang bisa menangkal virus jadi tidak terhirup ke saluran pernapasan.

Bahan cotton ini bahan kain yang di rekomendasikan sebagai bahan pembuatan masker kain.

2. Bahan Kain Nilon

Selanjutnya jenis kain yang bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan masker kain adalah bahan nilon.

Hal ini disebabkan kain nilon cukup efektif untuk menangkal partikel dari luar, jenis nilon yang dimaksud adalah 70D.

Kain nilon 70D ini mampu untuk memfilter partikel yang berukuran 77% yang paling besar sampai yang terkecil partikel 12%.

Selain itu keunggulan lainnya adalah kain ini lebih mudah bernafas pada waktu mengenakan masker kain.

Salain kain nilon 70D ada juga bahan kain nilon 40D yang cocok sebagai alternatif pilihan kain nilon lainnya.

Perbedaan 70D dan 40 D adalah nilon 40D mempunyai tingkat menyaring partikel yang lebih baik bila dibandingkan dengan nilon 70D.

Tetapi nilon 40D ini memiliki kekurangan yaitu tidak mempunyai keleluasaan dalam bernafas pada waktu mengenakan masker.

3. Bahan Kain Scuba

Salah satu jenis kain untuk masker yang sedang naik daun adalah bahan kain scuba, kain ini memiliki karakteristik kain yang cukup tebal tetapi masih cocok untuk bahan masker kain.

Masker kain scuba sekarang ini cukup populer di semua kalangan, dengan berbagai pilihan warna yang simpel.

Sekarang ini banyak orang yang lebih suka menggunakan masker kain yang berbahan kain scuba ini karena kenyamanannya.

Salah satu sebabnya lagi adalah masker secuba ini tidak mempunyai tali pengikat seperti masker pada umumnya.

Sebab tali untuk ke bagian telinga sudah menyatu dengan bada masker itu sendiri, tinggal ditarik saja ke telinga.

Ada banyak desain masker kain secuba di pasaran mulai dari yang polos sampai masker kain motif.

4. Bahan Kertas Untuk Tisu

Bahan masker kain polos lainnya adalah yang berbahan kertas tisu yaitu bahan yang digunakan sebagai bahan pembuatan tisu.

Bahan masker kain ini bisa memberikan kamu perlindungan yang cukup baik serta lebih mudah dalam proses pernafasan.

Mungkin ini salah satu bahan masker kain terbaik, tisu handuk ini memiliki tingkat filter pertikel yang tinggi.

Sebab lapisan tisu bisa menyaring partikel yang memiliki ukuran 0.3 mikron sebesar 23%, dan bila di lapis dua maka akan meningkat filternya menjadi 33%.

Apalagi bila masker kain 3ply atau 3 lapis jadi lebih baik lagi dalam filter partikelnya, kamu bisa googling tentang masker kain 3 lapis standar who.

5. Kombinasi Kain Sutera, Sifon, Flanel dan Katun

Di awal sudah dijelaskan bahwa serat katun adalah salah satu jenis bahan masker kain yang bagus karena karakteristik dan teksturnya.

Tetapi ada penelitian dari ACS, bahwa cotton akan maksimal bila di kombinasikan dengan serat non cotton, kenapa seperti itu karena bahan non cotton memiliki karakteristik elektrostatik.

Yang fungsinya bisa menghasilkan muatan yang membuat virus terperangkap, jadi tidak bisa masuk ke saluran pernapasan.

Menurut riset ACS ada tiga bahan non katun yang direkomendasikan yaitu flanel, sutera dan sifon, yang bila di kombinasikan bahan masker kain itu.

Bahan masker kain 3 lapis ini bisa menjadi kombinasi yang hampir bisa mendekati keunggulan dari masker N95.

Demikianlah ulasan singkat tentang jenis masker, bahan masker kain serta apa saja serat kain yang bisa digunakan untuk bahan dasar pembuatan masker kain.

Semoga postingan tentang bahan masker kain ini bermanfaat buat kamu yang sedang akan membuat masker kain sendiri.

(Shane Hijab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *