Bahan Moscrepe

7 Kain Ini Paling Mirip dengan Bahan Moscrepe

Posted on

Bahan Moscrepe – Inilah jenis kain yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuat jilbab, gamis dan dress.

Karakteristik dan tekstur kain yang lembut serta terlihat mewah menjadi daya tarik tersendiri dan menjadikannya banyak dipilih sebagai bahan dasar pembuatan busana.

Bahan moscrepe seperti apa sih? Bahan moscrepe ini salah satu dari varian crepe, crepe ini merupakan kain yang sebagian besar permukaan kainnya seperti kulit jeruk atau pasir.

Dengan daya tarik yang unik serta tekstur yang lembut menjadikannya kain yang banyak di gemari di pasaran selain bahan baby terry.

Baca Juga : Contoh Gamis Bahan Moscrepe Premium Yang Kekinian

Jenis kain yang mirip dengan bahan moscrepe tetapi masih memiliki karakteristik dan tekstur yang berbeda yaitu kain bubble crepe dengan kelebihan benangnya yang terlihat jelas.

Hingga kain wolly crepe yang mempunyai ciri khas paling lembut dan halus diantara varian crepe lainnya.

Kain Moscrepe
Kain Moscrepe

Apa Itu Bahan Moscrepe?

Bahan moscrepe adalah kain yang mempunyai kualitas baik dengan harga yang terjangkau, kain dengan ciri khas tekstur permukaan kainnya seperti butiran pasir atau seperti permukaan kulit jeruk.

Baca Juga : Ulasan Tentang Detail Bahan Moscrepe Premium

Gamis, Hijab dan baju bahan moscrepe banyak di temukan di pasaran, karena kualitas bahan moscrepe ini bagus dan juga mempunyai karakteristik yang nyaman saat di pakai.

7 Kain Paling Mirip Dengan Bahan Moscrepe

Bahan moscrepe mempunyai ketebalan yang cukup serta serat kainnya yang rapat jadi tidak menerawang.

Bahan Moscrepe Premium

Dengan ciri khas kain yang ringan, tidak mudah kusut serta jatuh adalah keunggulan kain bahan moscrepe.

Berikut adalah 7 jenis kain yang paling mirip dengan bahan moscrepe,apa saja kainnya dan apa yang membedakanya?

1. Kain Crepe Plisse

Bila kamu pernah melihat pakaian yang sangat kentara dengan garis-garis serta terlihat kusut, maka material itu adalah crepe plisse.

Kain Crepe Plisse
Kain Crepe Plisse

Pembuatan kain ini dengan menggunakan mesin khusus yaitu sejenis mesin penggulung yang membuat tercetaknya pola unik crepe pada permukaan kainnya.

Bahan bakunya terbuat dari bahan katun yang ditutupi dengan lilin serta pola berbentuk gerigi atau garis dan di celupkan ke dalam larutan alkali.

Bahan yang tidak tertutupi oleh lilin akan menyusut dan akan menyebabkan kerutan pada waktu lilinnya dihilangkan.

Kain crepe plisse ini mempunyai daya tahan yang kuat serta tidak perlu untuk di setrika.

2. Kain Wolly Crepe

Kain ini adalah varian crepe yang paling tidak terlihat tekstur seperti jeruknya, bahan woll crepe ini mempunyai karakteristik yang tidak gampang kusut, jatuh serta ringan.

Kain Wolly Crepe
Kain Wolly Crepe

Serta serat kain yang rapat membuatnya tidak menerawang, menjadikannya kain yang cocok untuk bahan dasar pakaian muslimah seperti hijab dan gamis bahan moscrepe premium.

Walaupun kain wolly crepe ini tidak mempunyai sifat elastis tetapi kain ini cukup nyaman saat di gunakan, serta kisaran harga yang terjangkau.

3. Kain Cerruti

Bahan cerruti ini sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jilbab segi empat, kamu pasti pernah melihatnya di pasaran.

Kain Ceruti
Kain Ceruti

Kain cerruti yang berkarakter tipis membuatnya mirip dengan kain sifon, tapi seperti varian crepe lainnya kain cerruti ini memiliki permukaan yang sperti pasir halus bila di sentuh.

Bahan kain cerruti ini sangat lembut serta nyaman saat di pakai, disebabkan bahannya ringan dan jatuh.

Kain cerruti ini tidak mudah untuk melayang menjadikannya cocok untuk bahan dasar pembuatan rok, gaun atau busana muslimah lainnya.

Kain ini banyak sekali pilihan warna yang bisa kamu pilih, sesuai dengan warna favorit kamu.

4. Kain Crepe Georgette

Jenis bahan crepe ini memiliki ketebalan kain yang tipis dengan permukaan kainnya yang matte dan sangat elastis.

Kain Crepe Georgette
Kain Crepe Georgette

Pada abad ke 20 kain ini diberi nama yaitu dengan nama desainer busana prancis, georgette de la plante.

Kain crepe georgette ini terlihat mirip dengan jenis kain sifon, yang membedakannya adalah permukaan kain yang tidak mengkilap serta sedikit elastis.

Bahan ini sering dijadikan sebagai bahan dasar kain dalam pembuatan rok, blus hingga gaun malam.

Untuk di Indonesia jenis kain georgette ini sering digunakan sebagai bahan pakaian muslimah, seperti hijab, gamis dan kerudung.

5. Kain Bubble Crepe

Kain ini memiliki tekstur seperti kulit jeruk yang sangat jelas, bila kamu sedang mencari jenis kain seperti itu kain bubble crepe bisa jadi pilihan.

Kain Bubble Crepe
Kain Bubble Crepe

Kain ini bisa dikatakan saudara dari bahan moscrepe, nama kain bubble ini diambil dari pola benang yang nampak pada permukaan kain, jadi tampak jelas terlihat.

Bahan bubble crepe ini memiliki ketebalan yang lebih tipis dibandingkan dengan kain bahan moscrepe, walaupun begitu kain ini tidak menerawang.

Karakteristik kain yang ringan, sedikit elastis serta jatuh. Elastis ini adalah efek samping dari pola bubble seolah-olah kain bubble ini melar.

6. Kain Crepe De Chine

Kain ini memiliki tekstur kulit jeruk tetapi lebih samar serta bahan bakunya dari sutra. Kain crepe ini berkarakteristik ringan serta lapisan matte yang lembut, seperti berpasir.

Kain Crepe De Chine
Kain Crepe De Chine

Bahan ini biasanya digunakan untuk pembuatan busana yang mewah dan mahal, kain crepe de chine ini sangat anggun bila dibuat untuk pakaian wanita.

Karena ciri khas kain ini yang lemas, jatuh serta lembut. Kain ini mudah kusut tetapi bisa dirapikan kembali dengan sedikit setrika dengan suhu hangat.

Bahan ini mudah sekali untuk dibuat lipatan dan simpul, kain ini sering digunakan u ntuk membuat rok, kemeja dan juga blus.

7. Kain Arabian Crepe

Varian kain yang paling mirip dengan bahan moscrepe adalah kain arabian crepe, secara visual kain ini bila dibandingkan hampir sama persis.

Kain Arabian Crepe
Kain Arabian Crepe

Bila kain tersebut tidak di raba maka akan sulit membedakannya, dari proses produksi kain arabian crepe ini duplikat dari kain bahan moscrepe yang kualitasnya lebih bagus.

Dengan harganya lebih mahal dari kain moscrepe bahan arabian crepe ini memiliki ciri khas kain yang dingin serta lembut dikulit.

Perbedaan yang mencolok dan salah satu cara untuk membedakan kedua jenis kain ini adalah dengan di setuh, arabian crepe akan terasa dingin bila di pegang, kalau moscrepe tekstur kasar.

(Shane Hijab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *