cara cepat membaca alquran dengan lancar

Inilah Cara Belajar Ngaji Al Quran dengan Beberapa Metode

Posted on

Belajar Ngaji Al Quran – Al Quran merupakan kitab suci umat Islam dimana bagi siapa saja yang membacanya kelak akan memperoleh syafaat dihari kiamat. Akan tetapi untuk membaca Quran atau dikenal dengan istilah mengaji harus sesuai dengan hukum bacaan dan tak boleh asal karena bisa mengubah makna dari setiap ayat Al-Quran.

Oleh karena itu agar Anda bisa mengaji Al Quran dengan baik dan benar maka sebaiknya belajar ngaji Al Quran mulai sejak sekarang. Terlebih untuk usia anak-anak sebaiknya sejak kecil mulai diperkenalkan dengan huruf-huruf hijaiyah sebagai modal awal untuk belajar ngaji Al-Quran.

 

belajar ngaji al quran

Cara Belajar Ngaji Al Quran

Sebagai kitab suci umat Islam, tentunya Al-Quran memiliki keutamaan yang membuat Al-Quran sangat penting untuk dibaca dan diamalkan oleh setiap umat Islam.

Bagi orang-orang yang rajin mengaji Al-Quran maka kitab ini akan memberikan keistimewaan yaitu dalam setiap ayat mengandung sepuluh kebaikan.

Dengan membaca Alquran maka termasuk dalam amalan yang mendatangkan banyak pahala serta dapat memberikan kedamaian serta ketenangan bagi pembacanya.

Banyaknya keistimewaan yang dimiliki oleh Alquran tentu membuat banyak umat Islam yang ingin belajar sekaligus dan membacanya dengan baik dan benar.

Akan tetapi mungkin masih banyak umat Islam yang belum bisa mengaji dengan baik benar. Tak perlu khawatir karena telah hadir belajar ngaji Al Quran dengan beberapa metode yang bisa anda pilih sesuai dengan kemampuan anda.

 

belajar mengaji dewasa

 

Berikut ini akan dijelaskan beberapa metode belajar ngaji  Al Quran yang bisa Anda praktikkan.

  • Metode Bimbingan

Metode bimbingan merupakan salah satu metode belajar ngaji Al quran yang banyak dipakai oleh umat Islam untuk belajar mengaji.

Metode ini dianggap sebagai metode yang paling baik karena dengan adanya bimbingan dari ustadz atau ustazah maka dalam belajar mengaji anda akan memiliki pengetahuan yang lebih luas.

Dalam memberikan bimbingan belajar mengaji, ustazd dan ustazah akan memberikan dampingan serta menyimak sambil membenarkan saat Anda belajar mengaji.

 

  • Metode Iqra’

Sebelum mengaji dengan Al-Quran biasanya para pemula akan diajari terlebih dahulu mengaji menggunakan iqra’. Iqra’ adalah buku yang didalamnya berisi huruf arab atau huruf hijaiyah yang mudah untuk dipelajari.

Dengan berlatih mengaji menggunakan iqra’ maka Anda akan semakin mudah untuk belajar. Metode ini akan dilakukan bersama dengan dampingan pembimbing atau bisa dengan belajar sendiri.

Metode iqra’ menyajikan metode belajar ngaji Al-Quran secara bertahap mulai dari bacaan atau huruf yang sederhana hingga bacaan dalam Al-Quran.

 

  • Metode Menyimak Murattal

Belajar ngaji Al Quran berikutnya bisa Anda lakukan dengan metode menyimak murattal. Metode ini dilakukan dengan cara memperhatikan bacaan yang benar serta keindahan dari bacaan.

Baca Juga : 6 Aplikasi Android Untuk Belajar Mengaji Al Quran

Untuk mempraktikkan metode ini Anda bisa mendownloadnya di internet mengenai bacaan-bacaan Al-Quran atau bisa menggunakan video. Anda juga bisa belajar secara langsung dengan mendengarkan rekan atau guru pembimbing Anda yang sedang membaca Al  quran untuk mengetahui kebenaran bacaaan dalam setiap ayat.

Sekarang ini panduan belajar ngaji juga sudah ada dalam bentuk aplikasi (apps android) yang bisa kamu download dan instal di smartphone anda.

 

belajar mengaji al quran

Belajar ngaji Alquran sebetulnya tak mengenal batas usia, mau anak-anak, dewasa mau pun orang tua. Semakin Anda berkeinginan untuk bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar maka sebaiknya Anda segera mempraktikkanya agar menjadi sebuah kebiasaan sehingga menjadi lebih lancar.

Selain itu, metode diatas juga tepat diberikan kepada anak-anak untuk memperkenalkan mereka pada Al-Quran serta melatih anak-anak untuk bisa membaca dan mengamalkan ayat-ayat dalam Al Quran sejak masih anak-anak.

Itulah penjelasan mengenai cara belajar ngaji Al Quran dengan beberapa metode. Berdasarkan penjelasan diatas kini Anda tak perlu minder ataupun khawatir untuk belajar mengaji, banyak jalan dalam mempelajari kitab suci umat Islam ini anda tinggal pilih salah satu metode nya, lakukan dengan niat kuat dan terus konsisten dalam prakteknya.

Dengan kesungguhan serta niat yang kuat maka Anda bisa belajar Al-Quran dengan lebih mudah dan cepat sehingga dapat mendatangkan kebaikan bagi Anda baik di dunia maupun di akhirat kelak.

 

(Shane Hijab)

2 thoughts on “Inilah Cara Belajar Ngaji Al Quran dengan Beberapa Metode

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *