Jarum Pentul dan Jarum Peniti

Mengenal Macam Macam Jarum Pentul dan Jarum Peniti Untuk Hijab Serta Cara Pakainya

Posted on


Jarum Pentul dan Jarum Peniti – Pasti kamu sudah mengetahui bahwa jarum peniti dan jarum pentul itu ada banyak ragam dan fungsinya.

Kedua item ini adalah support system bagi para hijabers karena pada umumnya bila memakai hijab atau kerudung yang berupa scraf atau kerudung segi empat dan pashmina memerlukan bantuan dari jarum pentul atau jarum peniti ini.

Yang fungsinya agar dalam memakai jilbab kainnya akan melekat secara rapih dan sempurna di kepala.

Dengan berkembangnya jaman sekarang ini untuk jenis peniti ada banyak jenis serta fungsinya masing-masing.

Buat kamu yang baru mulai belajar berhijab atau sudah berhijab informasi tentang jenis jenis jarum dan peniti ini bisa jadi bermanfaat.

peniti bross

Apa Itu Jarum Pentul dan Jarum Peniti?

Menurut wikipedia jarum pentol atau jarum pentul ini ialah sebuah item yang digunakan untuk mempermudah dalam proses menjahit, yang terbuat dari bahan metal misal baja, tembaga atau kuningan.

Kalau untuk Jarum Peniti adalah varian dari jarum yang sudah dimodifikasi dan di desain agar mempunyai mekanisme pegas sederhana serta terdapat cantelan.

Baca Juga : Rekomendasi 6 Model Bros Hijab Kekinian Terbaru

Pada bagian cantelan ini berfungsi double, yang pertama berfungsi untuk ikatan penutup yang nantinya bisa mengencangkan bahan kain misalnya.

Serta bagian penutup ujung peniti ini untuk menutupi bagian yang runcingnnya agar tidak membahayakan.

Macam Macam Jarum Pentul dan Peniti Untuk Hijab

Setelah mengetahui apa itu jarum jenis pentul dan peniti, selanjutnya kita akan mengenal jenis dan inovasi jarum model pentul serta peniti yang kekinian.

1. Jarum Pentul Klasik

Jenis jarum yang pertama ini adalah jarum pentul klasik yang sudah biasa digunakan oleh para hijabers.

Jarum Pentul
Jarum Pentul

Pada tampilan jarum ini terdapat bola kecil pada salah satu ujungnya yang berfungsi untuk keamanan dan sekaligus untuk mengunci bentuk kerudung.

Dan tajam pada bagian ujung lainnya, biasanya jarum ini memiliki banyak warna pada bagian bola kecilnya jadi bisa disesuaikan dengan warna hijab yang di kenakan.

Fungsi utama dari jarum ini adalah untuk merekatkan kain hijab di bawah dagu, penggunaan ini memang susah-susah gampang.

Jarum Pentul Kecil

Tapi bila sudah sering dan terbiasa akan mudah dilakukan, hanya perlu beberapa detik saja kamu pasti sudah bisa memasangnya.

Langka pertama biasanya merekatkan kain kerudung di kepala selanjutnya pegang ujung bola jarum pentul.

Lalu tusukan ke kerudung yang ada di bagian bawah dagu sampai ujung jarum menerobos jilbab.

Langkah kedua, putar kepala jarum ke arah depan hingga posisinya berlawanan dengan sebelumnya, Lalu tusuk kembali hijab sampai rapih dan mengunci.

Jarum Pentul Paku

Baca Juga Artikel : Mengenal Jenis Jarum Jahit Tangan dan Jarum Mesin Jahit

Kamu bisa berlatih untuk menguasai teknik menggunakan hijab dengan jarum pentul, pastikan selalu hati-hati dalam proses pemakaiannya agar tidak tertusuk oleh jarum tersebut.

Harga Jarum Pentul Rp. 12.000 Isi 480 Pcs

2. Jarum Pentul Paku

Jarum pentul paku ini juga salah satu produk model lama, dikenal dengan nama jarum pentul sutera disebabkan ukurannya yang kecil.

Jarum Paku
Jarum Paku

Perbedaan dengan jarum pentul klasik, jarum pentul paku ini tidak terdapat bola kecil di ujungnya.

Tetapi pada bagian ujungnya di buat tumpul dan lebih tebal supaya mempermudah dalam penggunaannya.

Jarum sutera ini bisa kamu pakai untuk merekatkan jilbab di bawah dagu, akan tetapi karena ukuran jarum yang pendek jadi lebih mudah terlepas.

Jarum Paku Untuk Jilbab
Jarum Paku

Direkomendasikan untuk penggunaan jarum pentul paku ini untuk kebutuhan stylish hijab saja. Contohnya untuk merekatkan kain kerudung atau hijab ke bahu atau kebagian kepala atas.

Jarum paku sutera ini tidak mempunyai variasi warna seperti jarum pentul klasik, biasanya hanya berwarna silver atau tembaga.

Harga Jarum Paku Rp. 19.000 Isi 250 Pcs

3. Jarum Peniti Klasik

Kamu pasti pernah melihat bentuk jarum peniti klasik ini, biasanya bukan hanya untuk hijab tetapi bisa berguna untuk hal lainnya, seperti merekatkan kain.

Jarum Peniti Klasik
Jarum Peniti Klasik

Biasanya para perempuan yang baru menggunakan hijab memilih menggunakan jarum peniti klasik ini karena lebih mudah digunakan dan lebih aman.

Berbeda bila menggunakan jarum pentul, jarum peniti ini mempunyai tutup dengan bagian ujung yang tajam nya, jadi tidak perlu khawatir akan tergores oleh bagian ujung yang tajam nya.

Pemakaiannya juga lebih mudah kamu hanya tinggal menusukan bagian ujung yang tajam kedalam kerudung lalu mengkaitkannya ke bagian jarum penutupnya.

Jarum Peniti
Jarum Peniti

Produk jarum peniti ini memiliki beberapa ukuran mulai dari yang kecil, sedang sampai yang besar.

Akan tetapi untuk pilihan warnanya sangat terbatas biasanya hanya warna silver dan gold saja.

Harga Peniti Klasik Rp. 5000 Isi 12 Pcs

4. Klip Turki

Dengan penggunaan jarum peniti adakalanya membuat hijab jadi rusak, maka dari itu biar tetap aman ada pilihan item lainnya yang bisa kamu coba.

Klip Turki
Klip Turki

Yaitu klip turki dilihat dari namanya jenis dari peniti ini berasal dari timur tengah dan sekarang lagi trend di Indonesia.

Produk dari klip turki ini tidak memiliki ujung yang tajam, bentuknya seperti penjepit rambut dengan ukuran yang kecil serta mempunyai dua bola.

klip turki hijab

Penggunaannya adalah dengan menjepit helaian kain kerudung hingga erat dibawah dagu.

cara memakai klip turki
klip turki untuk jilbab

Dengan hal itu maka jilbab akan terpasang dengan rapi dan kuat, produk klip turki ini dijual dengan beragam warna jadi bisa disesuaikan dengan warna hijab yang kamu miliki.

Harga Klip Turki Rp. 16.500 Isi 8 Pcs

5. Tuspin

Tuspin ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan jarum pentul, bedanya hanya pada kepala jarumnya yang terdapat dua buah yaitu bagian bawah dan bagian atas.

Tuspin
Tuspin

Pada bola gaian lainnya bisa di lepas, fungsi bola tersebut sebagai penutup bagian jarum yang tajam.

Penggunaan tuspin ini mirip dengan jarum pentul, yang membedakan hanya saja tuspin ini bisa ditutup bagian jarum yang tajamnya, sehingga terpasang dengan rapi.

Tuspin Hijab
Tuspin

Tuspin ini lebih aman karena bagian runcingnya tertutupi bola, berbeda dengan jarum pentul yang masih ada satu bagian yang tajam.

Sekarang ini untuk bagian bola yang bisa di lepasnya ada beberapa jenis dan bentuk.

Tuspin Untuk Hijab

Ada yang berbentuk kristal dengan warna cantik atau ada juga dengan warna yang bening, di sebabkan bentuknya yang unik dan cantik, tuspin ini bisa kamu jadikan sebagai bros di jilbab.

Harga Tuspin Rp. 13.900 Isi 3 Pcs

Dengan banyaknya model jarum seperti pentul dan jarum peniti, menjadi lebih memudahkan buat para hijabers berkreasi dalam memakai hijab.

(Shane Hijab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *