jelaskan tentang canting batik

Mengenal Fungsi dan Gambar Canting Batik Serta Kisaran Harganya

Posted on

Gambar Canting Batik – Di artikel sebelumnya sudah membahas secara singkat tentang alat dan bahan untuk membuat kain batik.

Ada 10 alat yang di pergunakan dalam proses membuat kain batik tulis dan salah satu diantara alat tersebut adalah canting.

Mungkin ada yang sudah familiar dengan kata canting, atau ada yang baru dengar dengan kata tersebut.

Canting ini salah satu alat utama dalam proses membatik karena dengan alat ini kamu bisa membuat pola batik yang kamu inginkan.

Apa itu Batik Canting?

Jelaskan tentang canting batik, Canting merupakan sebuah alat yang digunakan dalam proses membuat pola batik, caranya adalah dengan menuliskan cairan lilin panas ke permukaan kain.

kain batik songket dan tenun merupakan contoh seni

Biasanya jenis kain yang digunakan dalam membuat batik ada berbagai jenis kain, salah satunya menggunakan kain mori.

Bagian Alat Canting Batik Tulis Serta Fungsinya

Bila kamu perhatikan gambar canting batik, alat tersebut mempunyai beberapa bagian.

Gambar Canting Batik

Terdapat 3 bagian dalam alat untuk membuat pola batik tulis, nama dan fungsi tiap bagian tersebut adalah.

1. Bagian Gagang

Alat canting ini biasanya terbuat dari kayu atau bambu, pada bagian gagang berfungsi untuk pegangan dalam proses penggunaannya dalam membatik.

2. Bagian Nyamplungan

Bila dilihat secara sekilas pada gambar canting batik, bagian nyamplungan ini terlihat seperti buah nyamplung oleh karena itu di sebut nyamplungan.

Bagian nyamplungan ini memiliki fungsi untuk menciduk lilin cair panas dari wajan.

3. Bagian Carat

Dilihat dari gambar canting batik tulis ini untuk bagian carat atau cucuk terlihat seperti paruh burung.

Bagiannya yang paling depan yang berfungsi untuk menyalurkan cairan lilin panas dari bagian nyamplungan ke permukaan kain.

Mengenal Jenis Jenis Canting Batik

Sebenarnya alat canting untuk membuat kain batik ini ada berbagai macam, hal tersebut bisa dilihat gambar cantik batik dan dari kegunaannya, ukurannya, serta bagian ujungnya atau cucuk.

canting batik

Di bawah ini beberapa contoh jenis canting dan penjelasan singkatnya bila dilihat dari fungsi canting batik tersebut.

1. Canting Blok

Pertama adalah canting blok, yang biasanya digunakan sebagai canting untuk nembok atau ngeblok.

Berbeda dengan canting lainnya yang memiliki lubang cucuk yang kecil tetapi untuk canting blok memiliki lubang cucuk yang besar.

Yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan lilin panas lebih banyak sehingga mempercepat dan mempermudah dalam proses pengeblokan lilin cair (malam).

Pengeblokan disini berarti melapisi atau menutupi bagian kain dengan malam (lilin cair).

Hal ini untuk jenis kain batik yang sebagian tidak akan di berikan lagi warna, jadi bagian yang tidak di warnai itu harus di tapisi oleh lilin cair supaya pada saat pencelupan bagian tersebut tidak menyerap warna.

2. Canting Isen

Selanjutnya adalah jenis canting isen, bila dilihat dari gambar canting batik nya serta dari arti katanya isen mempunyai arti isi.

Jadi canting isen adalah alat yang biasanya dipakai untuk memberikan isi pada bagian bidang batik.

Selain itu canting isen bisa juga berfungsi untuk mengisi bagian-bagian pola utama atau polan.

Kebanyakan jenis canting isen ini mempunyai bagian ujung yang kecil, bisa tunggal atau pun rangkap, biasanya ukuran cucuknya berdiameter 1,5 mm dan yang paling kecil 0,5 mm.

3. Canting Reng-Rengan

Pada proses awal pembuatan kain batik biasanya hal pertama yang di lakukan adalam mebuat pola batik dulu.

Dan pola tersebut umumnya berupa gambar-gambar yang bisa langsung di canting, akan tetapi bisa juga berupa garis garis geometris.

Untuk pola dengan garis geometris pada umumnya hanya membuat garis kotak-kotak saja yang nantinya untuk gambar akan di buat secara langsung dengan canting dan malam (lilin cair).

Proses pembuatan pola biasanya dengan menggambarnya dengan menggunakan pensil atau bisa menggunkan teknik blad yaitu menggambar pola batik meniru pola yang terdapat dibalik kain.

Fungsi canting reng-reng ini untuk menuangkan lilin cair yang pertama pada pola batikyang sudah tersedia di kain.

Proses tersebut dinamakan ngrengreng, untuk jenis canting rengreng ini mempunyai diameter cucuk sebesar 1 mm sampai dengan 2,5 mm.

Kain batik yang proses pembuatannya mencontoh polanya atau lengkap dengan isinya disebut sebagai polan.

Itulah macam macam jenis canting yang dipergunakan dalam pembuatan kain batik, selain alat utama seperti gambar canting batik ada juga beberapa alat lagi sebagai pendukungnya.

Contoh gambar canting batik dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan dalam proses membuat kain batik seperti dibawah ini.

alat canting batik

Ada anglo, wajan, gawangan serta bahan lain seperti malam / lilin dan proses selanjutnya pewarnaan dengan jenis pewarna batik alami atau sintetis.

Berapa Harga Canting Batik

Berapa harga canting batik tulis , harga canting batik elektrik , harga canting batik otomatis atau harga canting batik cap ?

Kamu bisa cek atau riset di google bisa juga di marketplace untuk menemukan toko online yang jual canting batik, serta bisa cek apa saja jenis jenis canting batik yang tersedia.

Jenis CantingHarga Canting
Canting Batik ManualRp. 12.000
Canting Batik ElektrikRp. 65.000

Kalau mau melihat bagaimana proses cara membuat canting batik kamu bisa mencarinya di youtube, kamu akan melihat proses pembuatan dari canting batik.

Demikianlah ulasan singkat mengenai alat untuk membuat batik tulis yaitu canting di lengkapi dengan gambar canting batik, serta contoh bagian dari canting beserta jenis canting yang biasanya digunakan dalam pembuatan kain batik.

( Shane Hijab )


One thought on “Mengenal Fungsi dan Gambar Canting Batik Serta Kisaran Harganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *