Harga Bahan Katun Pique

Mengenal Kain Cotton Pique : Kegunaan dan Harganya

Diposting pada

Bahan Cotton Pique – Bahan kain cotton pique merupakan jenis kain yang digunakan untuk memproduksi pakai kaos polo dikarenakan mempunyai karakteristik yang cocok untuk model pakaian polo shirt dengan kualitas yang bagus.

 

Bahan Cotton Pique
Bahan Cotton Pique

 

Kain Cotton Pique

Sebenarnya bahan kain pique itu seperti apa? Kain ini salah satu model kain  yang jenis rajutannya mempunyai karakteristik atau ciri rajutannya padat di permukaan bahan kainnya, serta kebanyakan corak dari rajutannya hanya ada 2 jenis.

 

kemeja bahan cotton pique

 

 

Kain ini terbuat dari komposisi dari berbagai material seperti polyester, cotton dan juga campuran dari kedua bahan tersebut, seperti TC dan CVC.

 

Baca Juga : Serba Serbi Bahan Babyterry, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Kain ini dibuat dengan semura serat katun. Ada beberapa jenis kain cotton pique ini seperti yang berjenis combed di sebut Combed Pique Diamond.

 

Bahan Kain Cotton Pique

 

Apa Perbedaan Bahan Cotton Pique dan Combed Pique Diamond?

Untuk melihat perbedaan yang paling mencolok atau jelas adalah dari bahan utama pembuatan kain tersebut, yaitu bahan cotton combed yang nantinya akan menjadikan tekstur dan karakter kain menjadi berbeda.

 

Kain Cotton Pique

 

Mungkin kebanyakan sudah mengetahui tentang kualitas bahan kain katun combed yang bagus, misalnya bahan kainnya yang halus, lembut bila terkena kulit, nyaman, adem dan baik pada saat penyerapan keringat.

 

Baca Juga : Mengenal Bahan Fleece : Kelebihan, Kekurangan dan Ciri-Cirinya

 

Begitu juga dengan kain bahan pique yang menggunakan bahan dasar dari kain combed. Memiliki corak rajutan yang sama, pada umumnya corak kain cotton pique menggunakan jenis corak yang segi empat.

 

Bahan Pique
Bahan Pique

 

Untuk kain combed pique diamond ini dibuat dengan tekstur, konstruksi yang sempurna untuk jenis kaos polo.

 

Baca Juga : Bahan Diamond : Kain Adem dan Jatuh Cocok Untuk Kerudung

 

Untuk gramasi kainnya ialah 180-190 gsm dengan ketebalannya yaitu 30s, cocok untuk membuat kaos polo yang mempunyai kualitas premium.

 

Harga Bahan Cotton Pique

Jenis kain pique ada beberapa variannya yang lebih mahal adalah bahan cotton pique, karena memiliki kualitas yang baik dan menghasilkan hasil yang lebih banyak.

 

Baca Juga : Kain Diamond Crepe : Spesifikasi, Harga dan Kelebihannya

 

Untuk harga kain cotton pique biasa kisaran harganya adalah Rp. 109.000 per kg biasanya untuk warna yang agak tua dan minimal pembelian satu roll.

 

Bahan Kain Katun Pique

 

Setiap warna mempunyai beberapa jenis harga seperti pembelian rollan atau eceran, harganya pasti berbeda.

Harga ini ditentukan dari warnanya juga jadi ada beberapa warna yang dijadikan patokan untuk harganya seperti warna tua, sedang, muda, tua spesial, putih dan misty.

 

Baca Juga Artikel Lain Tentang :

 

Contoh Harga kain combed pique seperti tabel dibawah ini, untuk perbedaan harga setiap warnanya.

Harga Combed Pique
Harga Combed Pique

 

Penggunaan Kain Bahan Pique

Kebanyakan bahan pique ini hanya digunakan untuk membuat polo shirt atau kaos polo saja, padahal bahan pique ini bisa juga digunakan untuk jenis pakaian lainnya.

 

Kain Katun Pique

 

Dibawah ini beberapa contoh pengunaan kain bahan pique untuk membuat pakaian lainnya.

  • Kaos Polos

Polo Shirt merupakan pakaian utama yang menggunakan bahan cotton pique ini dan juga dengan jenis bahan kain lainnya, contohnya pique hexagon.

Kaos yang mempunyai ciri kerah pada bagian lehernya adalah polo shirt, biasany pakaian ini digunakan untuk baju semi formal, contoh seperti seragam atau pakaian casual.

 

  • Kaos Polo Lengan Panjang

Penggunaannya hampir sama untuk kaos polo yang membedakannya hanya pada jenis lengannya aja, sesuai dari namanya kaos polo ini menggunakan lengan panjang.

Pakaian polo lengan panjang ini biasanya digunakan untuk pakaian acara yang semi formal atau bisa juga untuk seragam kerja.

 

  • Dress

Bukan hanya untuk pakaian polo shirt bahan cotton pique ini juga bisa digunakan untuk membuat pakaian wanita dengan jenis dress.

Dress yang menggunakan bahan cotton pique ini biasanya mempunyai 2 jenis yaitu dress yang tanpa lengan dan dress dengan lengan, pakaian ini sebagai pakain santai dan pakaian kerja juga bisa.

 

Kemeja Kain Cotton Pique

 

  • Hanley

Pakai jenis ini hampir mirip dengan pakaian kaos polo yang membedakannya hanya pada jenis kerahnya saja.

Pada pakaian hanley ini bagian kerahnya dihilangkan dan membentuk huruf Y serta  menggunakan kancing.

 

  • Blazer

Pakaian yang bisa dibuat menggunakan bahan cotton pique adalah jenis pakaian outer atau baju luar contohnya cardigan.

Banyak inovasi baru pakaian yang menggunakan bahan kain cotton pique ini sebagai bahan dasarnya.

Contohnya seperti membuat pakaian jenis blazer dengan bahan cotton pique, ini salah satu bentuk kreativitas dalam mengembangkan penggunaan bahan katun pique.

 

Kain Pique
Kain Pique

 

Demikianlah ulasan singkat tentang salah satu jenis kain yaitu bahan cotton pique atau katun pique, serta contoh pakaian yang menggunakan bahan tersebut.

 

 

(Shane Hijab)

One thought on “Mengenal Kain Cotton Pique : Kegunaan dan Harganya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *