Ciput Kerudung Kekinian

9 Model Ciput Kerudung Kekinian Yang Bisa Kamu Pilih Sesuai Keinginan

Posted on

Model Ciput Kerudung Kekinian – Salah satu aksesoris hijab yang wajib dimiliki oleh para hijabers ialah ciput.

Walau pun beberapa muslimah yang memkai hijab tidak menggunakan ciput di bagian dalamnya disebabkan terasa panas.

Tapi aksesoris ciput ini bisa menyelamatkan kamu bila bahan dari hijab yang kamu akan kenakan transparan bahan kainnya dan menyebabkan menerawang.

Itu salah satu fungsi dari item ciput ini, jadi kamu lebih di sarankan mempunyai beberapa item ciput sebagai cadangan bila kerudung kamu berbahan tipis dan menerawang.

Apa Itu Ciput?

Ciput merupakan item yang di pakai di bagian dalam hijab (inner), yang memiliki fungsi untuk menutupi rambut supaya tidak keluar-keluar, serta mampu menahan posisi hijab.

ciput hijab

Model ciput ini menutupi semua bagian kepala bila kamu memiliki rambut panjang, rambut akan dimasukan kebagian dalam ciput membuat tampilanya lebih rapih.

Model ciput kerudung ini bermacam-macam bentuknya yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dalam merangkai model hijab kamu.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Ciput Hijab dan Bandana Rajut

Selain banyak modelnya banyak pula pilihan warna dan motif dari ciput ini, bisa kamu samakan dengan warna kerudung yang akan kamu gunakan biar selaras.

Fungsi Ciput

Aksesoris ciput ini berfungsi untuk merapihkan bagian dalam kerudung, misalnya dari rambut yang mudah keluar-keluar, dengan ciput rambut akan lebih tertahan dibagian dalam.

Selain itu dengan mengenakan ciput bisa lebih kuat lagi menahan kerudung supaya tidak miring-miring atau bergeser.

Baca Juga : 5 Warna Hijab Yang Cocok di Pakai Saat Cuaca Panas

Dengan tambahan ciput ini bisa juga menjadi penambah dalam memaksimalkan hijab yang kamu kenakan.

Misal untuk kamu yang mempunyai wajah yang bulat kamu bisa memilih model ciput kerudung untuk wajah bulat supaya bila di pakai cocok dengan wajah dan model hijab kamu.

Inilah 9 Jenis Ciput Kerudung Kekinian

Ciput jilbab ini ada banyak modelnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu, kamu bisa pilih dengan model hijab yang kamu kenakan.

Dibawah ini ada 9 model ciput yang ada di pasaran, yang bisa kamu pilih dan gunakan sesuai selera, berikut adalah model-model ciputnya.

1. Model Ciput Sanggul

Pertama adalah model ciput sanggul, biasanya di pilih oleh para hijabers yang mempunyai rambut pendek atau tipis.

Ciput Sanggul
Ciput Sanggul

Alasan memilih model ciput sanggul ini supaya bila di kenakan akan lebih terlihat lebih bervolume di bagian kepalanya.

Jadi pada bagian belakang kepalanya terlihat ceper dikarenakan adanya ciput sanggul, bila tidak menggunakan ciput bagian kepala belakang akan rata dan tidak bagus dilihat.

2. Model Ciput Kupluk

Selanjutnya adalah model ciput klasik atau sering disebut ciput kupluk, model ini sudah lama ada di pasaran.

Ciput Kupluk
Ciput Kupluk

Bila dilihat sekilas, untuk ciput ini mudah untuk di pakai tetapi ada kekurangannya yaitu posisinya mudah berubah sebab sedikit longgar.

Kalau ciput ini longgar posisi hijab bisa turun dan menyebabkan bagian rambut jadi terlihat.

3. Model Ciput Topi

Model untuk ciput topi ini memiliki bagian depan yang runcing serta kokoh pada bagian pinggir dahi nya, yang mempermudah kamu untuk membentuk model hijab.

Ciput Topi
Ciput Topi

Kebanyakan model ciput topi ini di kenakan untuk menghadiri acara yang formal atau digunakan oleh pengantin yang memakai hijab.

Ciput kerudung kekinian model topi ini ada banyak pilihan warna dan juga bahan, kamu bisa cek kisaran harga ciput topi ini di marketplace.

4. Model Ciput Anti Budeg

Selanjutnya adalah jenis ciput anti budek, bila kamu sering memakai ciput ninja yang bikin kamu merasa pusing serta sakit di bagian telinga.

Ciput anti budeg
Ciput Anti Budeg

Maka dengan ciput anti budeg ini tidak akan merasakan pusing dan sakit dibagian telinga.

Bila dilihat tampilan dari ciput anti budeg ini terlihat berbeda dengan jenis ciput lainnya, yaitu pada bagian telingannya bolong.

Kalau sudah memakai kerudung bolongan di telinga itu pun tidak akan terlihat, kelebihan lainnya adalah model ini sering di gunakan sebagai inner hijab karena kenyamanannya.

5. Model Ciput Ninja

Selanjutnya adalah jenis ciput ninja, model ini banyak sekali di jual di pasaran tetapi banyak sekali hijabers yang menghindari menggunakan model ciput ini.

ciput ninja
Ciput Ninja

Disebabkan bila memakai ciput kerudung kekinian ini akan cukup berasa gerah dan juga sampai pusing karena terlalu ketat juga menutupi bagian telinga.

Bahannya ada banyak salah satunya ciput ninja rajut, walau pun mempunyai kekurangan, ciput ini sangat membantu bila kamu hanya menggunakan kerudung yang di sampingkan ke bahu.

Bagian leher dan lainnya tetap tertutup oleh ciput ninja ini, harga ciput ninja ini juga bervariasi tergantung dari bahan dan kualitasnya.

6. Model Ciput Bandana

Salah satu model ciput kerudung kekinian yang tidak gerah saat di kenakan adalah model ciput bandana, apa lagi yang berbahan kain spandek elastis.

Ciput Bandana
Ciput Bandana

Sama seperti ciput lainnya, model ciput bandana ini mempunyai fungsi untuk melindungi rambut supaya tidak keluar.

Model ciput bandana ini memiliki banyak ukuran, ada yang ukuran sedang dan ada yang lebar yang melindungi sampai ubun-ubun kepala.

Keunggulan lainnya adalah ciput bandana ini bisa dipakai untuk segala jeni hijab dan juga tidak membuat gerah bila di pakai dalam waktu yang lama.

7. Model Ciput Anti Tembem

Salah satu model ciput yang perna booming adalah ciput anti tembem, bukan hanya karena namanya yang unik tetapi dilihat dari fungsinya yang lebih.

Ciput Anti Tembem
Ciput Anti Tembem

Seperti bisa membuat wajah yang bulat tampak tirus setelah memakai ciput anti tembem ini.

Tampilan dari ciput ini mirip dengan ciput ninja biasa, yang membedakan hanya pada potongannya saja.

Bila ciput kerudung kekinian yang biasa menjorok ke bagian dalam, berbeda dengan ciput anti tembem yang menutupi bagian pipi kamu, jadi tampak tirus.

8. Model Ciput Rajut

Model ciput kerudung terbaru yang banyak diminati oleh para hijabers adalah ciput rajut sebab sangat nyaman dipakai.

Ciput Rajut
Ciput Rajut

Tampilan dari ciput rajutan ini ada banyak pilihan desain, ada yang mirip bandana ada juga yang mirip ciput kupluk.

Kamu harus pintar dalam memilih produk ciput rajut ini, sebab ada juga ciput hijab rajut yang berkualitas rendah dan mudah melar.

Lebih baik kamu memilih model ciput kerudung rajut yang berbahan halus serta tidak mudah melar, kamu bisa memilih yang berdesain two tone yaitu dua warna dalam satu ciput.

Harga ciput rajut juga bervariasi tergantung bahan dan kualitasnya, tinggal kamu pilih sesuai keinginan kamu.

9. Model Ciput Risty Tagor

Yang terakhir adalah model ciput risty tagor atau biasa disebut dengan ciput kerut pinggir, model ciput ini pernah booming di kalangan hijabers.

Ciput Risty Tagor
Ciput Risty Tagor

Tampilannya seperti poni yang di jepit, jadi terlihat lebih feminim pada saat di kenakan.

Model ciput kerudung kekinian ini cocok juga untuk kamu yang memiliki bentuk wajah yang lonjong, untuk harga ciput kerudung risty tagor ini bervariasi tergantung kualitas.

Kamu bisa cek kisaran harganya di online shop atau di marketplace, untuk bisa memilih yang harganya murah tapi berkualitas.

Cara Merawat Ciput Sesuai Jenis Bahannya

Setiap bahan kain memiliki cara merawatnya masing-masing, begitu juga dengan produk ciput.

ciput kerudung terbaru

Kamu bisa merawat ciput tersebut dengan menyesuaikan dengan jenis bahan dasarnya, supaya tidak mudah rusak dan tetap awet dalam waktu yang lama.

Berikut ada tips cara merawat ciput sesuai dengan jenis kainnya :

1. Ciput Berbahan Kain Spandex

Ciput kerudung kekinian dengan bahan dasar kain spandek ini memiliki karakteristik yang mudah menyerap keringat serta ringan.

Membersihkan ciput berbahan spandek ini cukup dengan dikucek secara perlahan saja, jangan menggunakan sikat karena bisa merusak serat kainnya.

2. Ciput Berbahan Lycra

Ciput lycra ini memiliki keunggulan yaitu bahan nya yang elastis hal tersebut membuat ciput ini menjadi favorit di kalangan hijabers.

Kamu bisa mencuci ciput kerudung kekinian bahan lycra ini dengan menggunakan air dingin supaya lebih tahan lama, dan proses pengeringannya cukup di angin-anginkan saja tidak harus di jemur di sinar matahari.

3. Ciput Rajut

Model ciput kerudung kekinian ini bagus dalam menjaga kerudung tetap di tempatnya atau tidak mudah berubah bentuknya.

Tetapi dalam perawatannya ciput rajut ini perlu perhatian lebih, dalam proses mencuci ciput rajut kamu harus secara manual dengan tangan serta menggunakan sabun bayi.

Hal tersebut supaya kualitas dari ciput kerudung kekinian model rajut ini tetap terjaga dan tahan lama.

4. Ciput Berbahan Viscose

Karakteristik ciput kerudung kekinian bahan viscose ini salah satunya adalah mudah menyerap keringat, serta ramah lingkungan.

Para proses membersihkan ciput ini kamu jangan terlalu lama dalam merendam ciput viscose, sebab bahannnya mudah sekali rusak.

Selain itu pada proses menyetrika gunakan suhu yang sedang, jangan terlalu panas supaya serat kainnya tidak rusak.

5. Ciput Berbahan Katun

Untuk perawatan ciput kerudung kekinian bahan katun lebih mudah dan sederhana, cukup direndam sekitar 10 menit lalu di kucek dengan tangan secara perlahan.

Kamu bisa menambahkan pewangi pakaian supaya harum kembali setelah terkena keringat pada waktu dipakai.


Demikianlah ulasan singkat tentang macam-macam ciput kerudung kekinian yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan model hijab yang kamu pakai.

( Shane Hijab )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *