jenis jenis bahan pakaian
Jenis Jenis Bahan Pakaian

Mengenal Jenis Jenis Bahan Pakaian Agar Tak Salah Pilih Saat Belanja Online

Posted on

Jenis Jenis Bahan Pakaian – Saat berbelanja pakaian secara online, tentu kamu tidak bisa mengetahui secara langsung karakteristik dan tekstur dari bahan pakaian yang kamu beli.

Sebab yang terlihat hanya gambar atau foto produk pakaiannya saja, kamu tidak bisa menyentuh dan merasakan tekstur kain serta menebak jenis kainnya apa.

Sebelum memutuskan untuk membeli baju secara online, akan lebih baik bila kamu memahami atau mengetahui dahulu jenis jenis bahan pakaian yang sering digunakan.

Supaya kamu mempunyai gambaran tekstur pakaian yang akan kamu beli nantinya, jadi sedikit bisa memperkirakan karakteristik bahan dasar pakaian yang akan kamu beli.

jenis jenis kain pakaian
Jenis Jenis Kain Pakaian

Mengenal Jenis Jenis Bahan Pakaian

Dibawah ini akan di ulas secara singkat tentang beberapa jenis bahan kain yang sering digunakan sebagai bahan dasar pakaian.

Supaya kamu bisa mengira-ngira tekstur atau karakteristik dari pakaian yang akan kamu beli secara online, ada beberapa bahan yang populer digunakan untuk pakaian di antaranya seperti dibawah ini :

1. Kain Katun

Yang pertama adalah bahan kain katun, jenis kain ini merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk bahan dasar pakaian.

Ada beragam jenis busana yang dibuat dengan menggunakan kain katun, hal ini tidak lepas dari keunggulan yang ada pada jenis kain katun ini.

Jenis Kain Katun
Kain Katun

Hal ini karena kain katun memiliki serat yang ringan namun tetap kuat, jadi pakaian akan lebih tahan lama.

Kain katun juga cenderung lebih tahan terhadap pencucian dan tidak memerlukan perawatan khusus, jadi mudah di rawatnya.

Pakaian dengan bahan katun tidak akan menyusut atau berbulu akibat pencucian, dan tetap dapat menyerap keringat dengan baik di cuaca panas sekali pun.

Kain katun seringkali menjadi pilihan bila kamu mencari kain yang mudah untuk disablon, contoh pakaiannya seperti t-shirt atau kaos.

Kaos sebagain besar menggunakan bahan katun hal ini karena bila di sablon akan mendapatkan hasil yang bagus.

2. Kain Twistcone

Selanjutnya adalah bahan twiscone, kain ini juga cukup populer digunakan dalam berbagai jenis pakaian yang dijual secara online.

Bahan Twiscone
Bahan Twiscone

Hal tersebut disebabkan dari kelebihan yang terdapat pada jenis kain twiscone ini, misalnya dari karakteristik dan tekstur kainnya.

Bahan ini memiliki karakteristik kain yang licin, ringan dan jatuh, hampir mirip dengan bahan kain hycon atau kain chiffon.

Baca Juga : Ulasan Tentang Kain Twiscone dan Kelebihannya

Bahan ini memiliki kelebihan di antaranya bahan yang jatuh, tidak mudah lecek atau kusut, dan mengikuti lekuk tubuh penggunanya.

Namun, karena karakteristiknya yang licin dan cenderung tidak berserat, bahan twiscone tidak menyerap keringat sehingga terasa lebih gerah.

2. Kain Rayon

Kain Rayon pada dasarnya merupakan jenis-jenis bahan pakaian yang berasal dari serat sintetik rayon, di mana serat ini dibuat dari kayu berselulosa tinggi.

Karena tekstur dan karakteristiknya yang bagus, kain rayon ini sering menjadi bahan dasar busana muslimah seperti hijab, gamis dan kerudung.

Jenis Kain Rayon
Kain Rayon

Bahan rayon memiliki karakteristik berupa bahannya yang jatuh, terasa lembut di permukaan kulit, dan memiliki daya serap keringat yang cukup baik jadi cocok di gunakan di cuaca panas.

Gamis Bahan Rayon
@de.adress

Bagi Kamu yang menyukai pakaian dengan handfeel yang lebih jatuh daripada katun, pakaian dengan bahan rayon ini dapat menjadi pilihan.

3. Kain Spandek

Bahan spandek menjadi jenis bahan selanjutnya yang paling populer digunakan sebagai bahan kain untuk busana pakaian.

Salah satu contohnya sering digunakan sebagai bahan dasar busana muslimah.

Harga Bahan Spandek Balon
@multisejahtera.textile

Bahan yang juga dikenal dengan nama Lycra ini memiliki karakteristik kain yang sifatnya kuat, elastis dan tetap dapat menyerap keringat dengan baik.

Gamis Bahan Spandek Balon
@mjestex

Sifatnya yang kuat ini membuat pakaian dengan bahan spandek umumnya memiliki ketahanan yang tinggi terhadap gosokan mau pun suhu tinggi saat disetrika.

Elastisitasnya yang baik dan mencapai 5x bahan dasarnya, membuat bahan spandek ini menjadi pilihan utama untuk pakaian olahraga.

4. Kain Linen

Berikutnya adalah kain bahan linen, kain ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kain katun namun serat dari bahan linen ini jauh lebih kuat dan seratnya nyata terlihat.

Mengenal Jenis Jenis Bahan Pakaian Agar Tak Salah Pilih Saat Belanja Online 1
Kain Linen

Meski memiliki serat yang kuat, bahan linen ini tetap lembut, dingin dan dapat menyerap keringat dengan baik cocok untuk di cuaca tropis seperti Indonesia.

Baju Bahan Kain Linen
@fenitarie

Karakteristik bahan ini banyak disukai oleh produsen pakaian, terutama untuk pakaian pakaian casual mau pun gaun pesta.

Sebab bila dilihat dari tampilan kainnya terkesan mewah dan elegan, di tambah dengan karakteristik kain yang lembut serta dingin dikulit membuat pemakainnya merasa nyaman.

5. Kain Babyterry

Babyterry masuk dalam jenis jenis bahan pakaian yang biasanya digunakan untuk memproduksi pakaian hangat atau pakaian dengan model sweater.

kain baby terry seperti apa
@lubangkancing.id

Hal itu disebabkan kain babyterry memiliki karakteristik kain yang mempunyai gramasi yang cukup tembal jadi lebih terasa hangat bila di pakai.

Kain babyterry ini banyak digunakan untuk bahan dasar pakaian hangat seperti hoodie, sweater dan lain-lain

kain babyterry premium
@glow_shop.id

Pakaian yang menggunakan bahan babyterry ini cocok untuk dicuaca dingin seperti musim hujan atau di daerah yang udaranya sejuk.

Estimasi Daftar Harga Kain di Marketplace

Dibawah ini contoh daftar harga dari beberapa jenis jenis bahan pakaian yang ada di online shop atau di marketplace.

Yang bisa kamu order atau pesan secara online, kamu bisa membandingkan harga-harga kain dari berbagai toko online kain.

  • Harga Kain Katun Oxford Rp. 35.000 / Meter
  • Harga Kain Twiscon Rp. 24.000 / Meter
  • Harga Kain Rayon Uniqlo Rp. 26.000 / Meter
  • Harga Kain Spandek Rp. 25.000 / Meter
  • Harga Kain Linen Rp. 35.000 / Meter
  • Harga Kain Babyterry Rp. 75.000 / Kilo

Daftar harga jenis jenis kain pakaian diatas diambil dari Marketplace Tokopedia, kamu bisa cek sendiri.

Karena setiap harganya bisa berubah-ubah tergantung penjualnya, bisa juga dipengaruhi motif atau warna kain.

Contoh bahan pakaian

Demikianlah ulasan singkat tentang jenis jenis bahan pakaian yang populer di pasaran, sekarang kamu bisa cek terlebih dahulu jenis kainnya bila mau membeli pakaian via online.

Jadi kamu bisa mengirangira jenis bahan kain apa yang diperugunakan untuk membuat pakaian tersebut dan kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan pakaian yang di perlukan.

Baca Juga : 15 Model Aksesoris Hijab Yang Cantik dan Kekinian

Misalnya bila kamu akan bepergian ke tempat yang dingin seperti puncak, kamu bisa memilih jenis jenis bahan pakaian yang cocok untuk cuaca dingin misalnya kain babyterry.

Semoga artikel jenis jenis bahan pakaian ini ada manfaatnya, mungkin juga ada teman atau saudara kamu yang sedang mencari info seperti ini silahkan bisa di share di media sosial kamu.

(Shane Hijab)

One thought on “Mengenal Jenis Jenis Bahan Pakaian Agar Tak Salah Pilih Saat Belanja Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.