Beli Kain Oxford

Mengenal Bahan Kain Oxford Mulai Dari Karakteristik, Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting pada

Bahan Kain Oxford – Bahan kain oxford ialah jenis kain yang dibuat dari bahan katun yang di campur dengan sedikit tetoron. Pada umumnya bahan kain ini bisa dikategorikan sebagai jenis tekstil yang di buat dari hasil penyilangan dua benang hingga terbentuk semacam tekstur titik-titik.

 

Bahan Kain Oxford Premium
Kain Oxford

 

Bila permukaan kainnya diraba akan terasa halus tetapi berbeda dengan bahan TC untuk kain seragam sekolah pada umumnya.

Bahan oxford ini cukup nyaman dan juga sangat enak saat di pakai, tidak panas dan juga cukup kuat. Kain oxford ini tidak mudah sobet, tidak seperti kain TC.

Contoh busana kemeja yang dibuat menggunakan bahan dasar kain oxford sangat cocok untuk model gaya casual maupun formal, bahan ini dapat dikenakan oleh laki-laki maupun wanita.

 

Baca Juga : Mengenal Bahan Linen Dari Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Warna yang lembut adalah warna yang biasa ditampilkan pada kemeja oxford, contohnya seperti abu-abu, hijau tosca, merah, kuningn pastel dan abu-abu.

Di toko-toko di Indonesia akan sangat mudah menemukan berbagai jenis atau macam kemeja berjenis kain tropical, karena Indonesia adalah salah satu negara beriklim tropis.

Kamu juga harus jeli dan teliti dalam memilih jenis kain ini agar kamu bisa menemukan kain oxford yang kualitas bagus.

 

Contoh Kain Oxford

 

Mengenal Karakteristik Bahan Kain Oxford

Kain oxford ini salah satu yang paling terlihat adalah dari ketebalan kainnya bila dibandingkan dengan jenis kain drill lainnya.

Bahan oxford ini memiliki ketebalan yang paling tips atau paling kecil, hal ini menjadikan kain oxford ini sebagai kain yang memiliki kelenturan dan kelembutan yang baik dibandingkan dengan kain drill lainnya.

 

Baca Juga : Mengenal Bahan Kain Katun Stretch Yang Adem dan Nyaman

 

Dengan karakteristik seperti itu membuat jenis kain oxford ini terasa nyaman bila dipakai, dengan kelembutan dan kelenturan kainnya.

 

Harga Kain Oxford

 

Ciri Khas Bahan Kain Oxford

Bila kamu ingin membeli bahan kain oxford disarankan kamu sudah mengetahui apa saja ciri dari jenis kain oxford ini, agar kamu tidak salah dalam memilih jenis kain. Dibawah ini beberapa informasi tentang ciri-ciri bahan kain oxford.

  1. Bahan kain oxford bila kamu raba akan terasa halus.
  2. Bila kamu raba dengan permukaan tangan kain ini sangat lembut dan terlihat rapi karena memiliki tekstur yang bagus.
  3. Bahan kain ini memiliki bobot yang sangat ringan dan lebih tipis menjadikan pori kulit bisa bernafas dengan lebih baik.
  4. Bahan kain oxford ini sangat kuat karena dalam pembuatannya menggunakan teknik khusus.
  5. Bila di perbesar dan diamati pintalan kain oxford ini seperti tampilan pixel dalam resolusi foto atau gambar.

 

Masker Bahan Kain Oxford

 

Kelebihan Bahan Kain Oxford

Salah satu kelebihan bahan oxford ini bila dibandingkan dengan bahan kain drill lainnya adalah di kenyamanannya, dengan karakter kain yang tipis, lembut dan juga lentur.

Selain itu karena komponen bahannya dari katun kain ini bila di pakai tidak terasa panas juga memberikan rasa nyaman.

 

Baca Juga : Bahan Twill : Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Karena memiliki ketebalan yang tipis sehingga membuat pori-pori kulit bisa bernafas dengan baik pada waktu memakain jenis kain oxford ini.

Bila dilihat dari segi kekuatan kain ini, sudah tidak perlu diragukan lagi, karena dalam proses pembuatan jenis kain ini menggunakan teknik tenun drill yang lebih kuat dengan motif diagonalnya.

Selain itu juga harga kain oxford ini terbilang cukup murah sehingga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan seragam atau pakaian kantor.

 

Bahan Kain Oxford

 

Kekurangan Bahan Kain Oxford

Setelah mengetahui apa saja kelebihan kain ini selanjutnya apa kekurangan kain oxford ini, bila kamu menggunakan kain ini untuk bahan dasar  pembuatan seragam kantor sebaiknya kamu memilih konsep desain yang sesuai.

 

Baca Juga : Semua Hal Tentang Bahan Baby Canvas Yang Perlu Kamu Ketahui

 

Karena bila menggunakan kain oxford kamu harus menghindari konsep pakaian yang menggunakan bordir.

Hal ini karena kain oxford bahannya cukup tipis sehingga bila memberikan variasi bordir secara langsung kain ini akan ikut mengkerut.

 

Kemeja Bahan Kain Oxford

 

Beberapa Merek Kain Oxford Di Pasaran Saat Ini

Kain oxford dengan jenis kain lainnya sama saja kamu bisa menjumpainya dengan berbagai macam merek, salah satunya kain taipan tropical yang terbuat dari campuran catton dan polyester.

Dengan kombinasi catton yang lebih besar menjadikan pakaian berbahan ini terasa adem, dengan kualitas kain yang bagus setingkat dengan japan drill merek obor.

 

Baca Juga : Kenali Jenis Kain Twistcone Untuk Desain Busana Yang Cantik dan Nyaman di Pakai

 

Untuk tekstur kain taipan tropical ini tidak bergaris-garis miring seperti jenis kain bahan drill dan tekstur kainnya yang cenderung lembut.

Selain merek taipan tropical di pasaran ada juga berbagai merek lainnya untuk jenis tropical dengan variasi harga dan kualitas. Untuk kain ini bila komposisi cotton lebih tinggi maka kain akan semakin nyama.

 

Kelebihan Kain Oxford

 

Dibawah ini contoh beberapa merek kain oxford yang di jual di pasaran, seperti :

  • Kain Oxford Spesial Putih

Kain oxford spesial putih ini memiliki bahan kain yang sangat berkualitas super tetapi hanya tersedia satu warna saja yaitu putih. Hampir sama hal nya dengan kain oxford sari warna kain oxford spesial ini memiliki 2 ukuran lebar yaitu 115 cm dan 150 cm tetapi bahannya tidak terlalu halus.

  • Kain Oxford Sari Warna

Bahan Kain oxford Sari warna ini memiliki 2 size yaitu yang memiliki lebar 115 cm dan 150 cm. Untuk ukuran yang 115 cm banyak varian warna yang tersedia, berbeda dengan ukuran 150 cm warna yang tersedia lebih sedikit contohnya ada warna putih dan coklat.

  • Kain Oxford Duyung

Bahan kain ini memiliki tingkat kehalusan di atas bahan kain oxford sari warna, akan tetapi untuk variasi warna yang dimiliki hanya sedikit saja dan di produksi hanya dalam satu ukuran saja yaitu 115 cm, jenis kain oxford duyung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis kain oxford lainnya.

  • Kain Oxford JM

Kain yang satu ini bisa dibilang jenis yang baru karena bahan yang digunakan untuk membuatnya berbeda dengan kain oxford lainnya. Untuk harganya pun lebih ekonomis dan juga banyak pilihan warna yang bisa kamu pilih, untuk ukurannya hanya ada satu yaitu 150 cm.

 

Harga Kain Oxford Premium

 

Pemanfaatkan Bahan Kain Oxford

Bahan kain ini bisa digunakan untuk membuat pakaian casual atau pun formal, selain itu bahan oxford tidak terbatas pada pembuatan jenis pakaian seperti seragam sekolah atau seragam kerja. Kain ini bisa digunakan sebagai bahan pakaian lainnya seperti :

  • Pakaian Koko

Sekarang ini banyak baju koko yang menggunakan bahan kain oxford ini karena bahannya yang bekualitas dan nyaman saat di pakai. Dalam pembuatan pakaian koko ini kamu bisa pilih model dengan lengan pendek atau pun lengan panjang.

  • Blus Wanita

Salah satu pemanfaatan kain oxford ini juga bisa untuk membuat blus wanita, karena bahan oxford yang halus dan terlihat rapi menjadikannya cocok untuk blus wanita yang bisa terlihat casual atau pun formal.

  • Pakaian Gamis

Sekarang ini pakaian gamis juga sudah ada yang menggunakan bahan kain oxford sebagai bahan dasar dalam pembuatannya. Bahan kain oxford ini tidak menerawang jadi cocok untuk membuat pakaian gamis, selain itu bahan yang lembut dan nyamaan saat di pakai. Contoh gamisnya seperti gamis busui, gamis fuffle, gamis peplum dan lain-lain.

  • Kemeja

Kain oxford juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kemeja, ada banyak model kemeja yang ada di pasaran mulai dari yang casual sampai yang formal. Kamu tinggal jeli saja dalam memilih kemejanya mulai dari tampilan model kemeja, desain dan bahan nya agar tidak mengecewakan.

  • Masker Kain

Dengan karakteristik bahan kain oxford ini yang lembut dan juga banyak pilihan warna yang menarik, kain oxford ini sangat cocok untuk menjadi bahan masker penutuh wajah, apalagi di masa pandemi covid 19 ini.

 

Kekurangan Kain Oxford

 

Demikianlah ulasan singkat tentang jenis bahan kain oxford yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga informasi ini ada manfaatnya buat kamu yang sedang mencari bahan kain oxford.

 

 

(Shane Hijab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *