Kain Linen
Bahan Linen

Inilah 6 Jenis Kain Linen Yang Perlu Kamu Ketahui

Diposting pada

Jenis Kain Linen – Pada postingan sebelumnya sudah di jalaskan secara singkat apa itu bahan kain linen dan juga karakteristiknya.

Setelah itu di ulas juga tentang kelebihan kain linen dan kekurangannya serta cara merawat pakaian yang menggunakan bahan dasar kain linen.

Pada postingan kali ini yang akan dibahas adalah jenis-jenis kain linen dan juga karakteristiknya, kain linen ada beberapa macam atau jenis kamu bisa pelajari juga dibawah ini.

 

 

Bahan Linen
Bahan Linen

 

Jenis Jenis Kain Linen

Dibawah ini ada 6 jenis varian kain linen yang akan di ulas secara singkat satu persatu informasinya, silahkan bisa kamu simak dan pelajari informasinya.

 

Bahan Kain Linen Jenis Katun
Bahan Kain Linen Jenis Katun
  • Bahan Kain Linen Jenis Katun

Kain linen adalah salah satu jenis bahan kain katun yang mempunyai ciri yang unik yaitu berupa serat benang yang ukurannya besar dan terlihat jelas.

Serat kain ini juga mempunyai ketahanan yang kuat bila dibandingkan dengan jenis kain katun lainnya.

 

Baca Juga : Serba Serbi Bahan Babyterry, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Sedangkan untuk kain katun sendiri adalah kain yang selalu diunggulkan dari segi kualitasnya.

Kedua bahan kain tersebut dari bahan alami, yang melalui proses yang rumit. Pada jaman dulu kain ini hanya digunakan oleh orang yang kaya saja.

Tetapi dengan berkembangnya teknologi dan industri untuk proses pengolahan kain sekarang bisa di lakukan secara otomatis membuat harga kain katun tidak semahal waktu dulu.

 

Baca Juga : Mengenal Bahan Linen Dari Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Sekarang ini hampir semua orang bisa membeli bahan kain katun tersebut, selain itu banyak jenis kain katun yang memiliki harga berbeda-beda sesuai dengan kualitasnya.

Salah satu kain katun nya adalah yang mengandung serat kain linen.

 

Kain Linen Viscouse atau Linen Euro
Kain Linen Viscouse atau Linen Euro

 

  • Kain Linen Viscose Atau Kain Linen Euro

Kain linen euro ini adalah jenis kain linen yang memiliki karakteristik kainnya paling kaku dan  juga memiliki serat kain yang longgar dan paling besar.

Namun ukuran serat besarnya masih di ukuran wajar, bila diperhatikan secara seksama kain linen euro ini aga menerawang karana serat kain yang longgar.

 

Baca Juga : Mengenal Bahan Kain Katun Stretch Yang Adem dan Nyaman

 

Biasanya orang-orang membuat gorden dengan jenis kain linen euro ini karena jenis kainnya yang tebal, kaku dan bila di setrika bekas garis strikaannya akan hilang dalam waktu yang lama.

Karakteristik kain linen euro ini sifatnya tidak mudah jatuh dan juga kain yang berat, sangat berbeda dengan jenis kain wolfis.

 

Kain Linen Look
Kain Linen Look
  • Kain Linen Look

Salah satu kain yang memiliki kualitas bagus adalah kain linen look, bila diraba kainya terasa lembut dan halus akan sangat nyaman bila di pakai.

Serat kainnya hampir sama dengan kain linen euro, tetapi perbedaanya adalah pada komposisinya, pada satu helai kain linen look tersusun dari serat-serat yang lembut dan halus.

 

Baca Juga : Bahan Twill : Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Karakterisitik kain linen look ini empuk, lucin, lembut, halus dan juga jatuh. Bila di bandingkan dengan linen euro kain linen look lebih unggul dari kelembutannya.

Bahan linen look adalah jenis kain yang memiliki tekstur benang yang benar-benar terlihat serta ukurannya juga besar. Bisa jadi nama kain look karena seratnya terlihat dengan jelas.

 

Baca Juga : Semua Hal Tentang Bahan Baby Canvas Yang Perlu Kamu Ketahui

 

Bahan kain linen look ini sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kemeja, baju koko, gamis, jilbab dan lain-lain. Walau pun kain ini terlihat terlalu tebal tetapi masih dalam batas yang wajar.

 

Kain Linen Lineta atau Linen Slub
Kain Linen Lineta atau Linen Slub
  • Kain Linen Lineta Atau Linen Slub

Untuk jenis kain yang mempunyai susunan serat yang rapat dan juga memiliki tesktur saling menyilang pada permukaannya. Kain lineta ini lebih tipis bila dibandingkan dengan bahan kain linen look.

 

Baca Juga : Kenali Jenis Kain Twistcone Untuk Desain Busana Yang Cantik dan Nyaman di Pakai

 

Karakteristik dan teksturnya berbeda jauh dengan jenis kain linen lainnya, kain linen slub ini bila disentuh terlihat kasar dan cenderung tidak adem bila dipakai bila dibandingkan dengan kain linen look.

Tetapi secara umum kalin linen slub memiliki karakter yang bahannya terlihat kasar, bahannya tidak mengkilap dan jatuh.

Ciri yang paling menonjol adalah susunan garis benang atau “slub” yang saling silang dan putus-putus.

 

Kain Linen Kenzo
Kain Linen Kenzo
  • Kain Linen Kenzo

Salah satu jenis kain linen yang belum lama ini beredar dipasaran yaitu jenis kain katun linen yang bernama kain linen kenzo.

Untuk ketebalan kain linen kenzo ini hampir mirip dengan kain linen slub dan juga untuk karakteristiknya yang hampir sama persis.

 

Baca Juga : Kain Diamond Crepe : Spesifikasi, Harga dan Kelebihannya

 

Kain linen kenzo ini bahannya tidak adem dan juga cenderung lebih kasar bila dipakai. Produk yang dibuat dari kalin linen kenzo ini contohnya seperti blazer, gamis ikhwan atau baju koko.

Spesifikasi kain linen kenzo ini mirip sekali dengan kain linen euro. Kalau dibandingkan dengan kain linen look sangat berbeda, kalin linen look permukaannya sangat licin.

 

Kain Linen 3G
Kain Linen 3G
  • Kain Linen 3G

Yang terakhir adalah kain linen 3G salah satu jenis kain linen yang masih baru, tetapi kain linen 3G ini terlihat sangat elegan dan juga unik.

Memiliki tekstur menyerupai serat kayu, dengan tampilan yang lebih moderen dan juga cutting edge, jadi nama kainnya jadi linen 3G.

 

Baca Juga : Bahan Diamond : Kain Adem dan Jatuh Cocok Untuk Kerudung

 

Bahan kain linen 3G ini memiliki karakteristik bahan yang tidak terlalu halus, tidak licin juga dan bahan kainnya jatuh dan ringan.

Hal yang khas dari kain linen 3G ini adalah adanya garis panjang yang lurus, sejajar dan rapat bila dilihat pada permukaan kainnya.

Bahan kain linen 3G untuk ketebalannya masih dibawah kain linen kenzo, kain linen 3G ini banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan gamis, baju koko.

 

Baca Juga : Mengenal Bahan Fleece : Kelebihan, Kekurangan dan Ciri-Cirinya

 

Untuk jenis kain linen 3G ada 3 varian serat, hal ini karena banyaknya pabrik yang memproduksi kain linen 3G sehingga terjadi perbedaan dari segi seratnya.

 

Karakteristik Kain Linen

 

Demikianlah ulasan singkat tentang 6 jenis kain linen dan juga karakteristiknya, semoga informasi ini ada manfaatnya buat kamu yang sedang mencari bahan kain untuk bahan dasar membuat pakaian yang kamu mau.

 

 

 

 

(Shane Hijab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *