Bahan Linen
Bahan Linen

Mengenal Bahan Linen Dari Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting pada

Bahan Linen – Bagi kamu yang belum pernah mendengar atau mengetahui tentang bahan kain linen, mungkin kamu akan menyangka bahwa kain sama saja jenisnya. Pada dasarnya bahan linen hanya digunakan untuk kebutuhan atau keperluan bedding set.

Akan tetapi sekarang ini banyak sekali produk busana yang menggunakan bahan kain linen sebagai bahan dasarnya, ada juga perlengkapan meja makan dan berbagai kerajinan tangan yang salah satu bahan nya adalah kain linen dan kain katun.

Bahan kain linen adalah jenis kain yang terbuat dari bahan dasar serat tumbuhan linen. Di negara eropa untuk jenis bahan linen ini sangat di sukai karena kain linen ini memiliki tekstur dan karakteristik yang spesial.

 

 

Bila kamu merawat jenis kain linen ini secara benar, kain linen ini bisa bertahan lama sampai puluhan tahun.

Semakin sering di cuci dan digunakan plus dengan cara mencuci yang benar maka bahan kain linen ini akan semakin enak digunakan.

 

Karakteristik Bahan Linen

 

Karakteristik Bahan Linen

Bahan kain linen adalah salah satu kain atau bahan pakaian yang dikategorikan dalam bahan kain yang memiliki tekstur dan karakter yang spesial.

Karena bahan kain linen ini terbuat dari serat tumbuhan alami yaitu tumbuhan rami yang mempunyai tekstur yang lembut dan berkilau.

Sepanjang sejarah peradaban manusia kain ini merupakan yang pertama yang dihasilkan dari tumbuhan yaitu olahan serat rami.

 

Karakteristik Kain Linen

 

Serat linen merupakan serat kain yang pertama yang digunakan untuk bahan dasar pembuatan kain.

Bahan linen memiliki karakteristik  yang unik yang berbeda dengan bahan kain lainnya, dibawah ini adalah karakteristik dari bahan kain linen yang perlu kamu ketahui.

  • Bahan linen adalah salah satu jenis kain yang memiliki kualitas tinggi dengan tekstur permukaan kain yang halus dan juga rapih.
  • Bahan kalin ini dari serat alami yaitu serat rami,  yang merupakan serat paling kuat diantara serat alami lainnya.
  • Warna kain yang natural dan sedikit pucat dengan dominan warna putih merupakan ciri dari kain linen ini.
  • Permukaan kain linen ini akan semakin lembut bila sering di cuci, tetapi jika salah dalam perawatannya bahan kain ini bisa juga cepat rusak.
  • Pakaian terlihat mengkilap dan halus bila menggunakan bahan dasar kain linen.
  • Kain linen memerlukan perawatan khusus karena jenis kain ini bisa cepat rusak bila terkena keringat dan akan menimbulkan jamur, serta cepat rusak bila menggunakan pemutih pakaian.
  • Jenis kain ini akan membuat pemakainnya tersara adem bila dipakai di daerah bersuhu panas, dan sebaliknya akan menghangatkan bila berada di daerah bersuhu dingin.

 

Kain Linen

 

Serba Serbi Kain Linen

Sekarang ini produk dari jenis tekstil yang terbuat dari bahan kain linen sudah sangat banyak sekali model dan varian yang ada di pasaran.

Karena teknik pengolahannya yang unik menjadikan kain linen ini memiliki banyak sekali keunggulan dan memiliki daya tarik tersendiri.

Varian dari kain linen diantaranya adalah kain katun linen look, linen kenzo, linen slub, line 3G , linen euro, linen viscose, interles slub dan lain-lain.

 

Harga Kain Linen

 

Kelebihan Kain Linen

Bahan linen ini memiliki banyak sekali keunggulan karena jenis kainnya yang berkualitas tinggi, beberapa kelebihan dari bahan kain linen ini akan di ulas dibawah ini.

  • Serat Kain Linen Lebih Tembal

Bila kamu bandingkan dengan jenis kain lainnya, kain jenis linen ini memiliki ketebalan yang lebih, dengan hal itu sudah bisa dipastikan kualitas dari serat kain linen sangat bagus.

Karena serat kainnya yang tebal membuat bahan kalin linen ini lebih kuat bila di sentuh. Dengan ketebalannya kain linen bukan jenis kain yang kaku, meski kain ini adalah jenis kain yang berkategori berat.

 

  •  Kain Linen Adem Saat di Pakai

Kain linen ini direkomendasikan banget untuk sebagai bahan dasar dalam pembuatan pakaian gamis atau jilbab. Karena kain linen ini adem bila di pakai dan akan merasa nyaman bila digunakan.

 

  • Kain Linen Bertekstur Lembut

Karena terbuat dari bahan yang alami, kain linen ini memiliki permukaan kain yang lembut dan halus bila diraba. Hal tersebut membuat banyak orang suka dengan kain yang memiliki teksur hapus dan lembut.

 

  • Serabut Kain Yang Tidak Mudah Terburai

Bahan linen tidak seperti bahan kain seperti kapas atau katun, bahan linen memiliki serabut kain yang tersusun rapih dan kuat.

Jadi kain linen ini tidak mudah untuk terburai karena susunan seratnya yang rapih dan juga kuat.

 

Cara Merawat Kain Linen

 

Kekurangan Kain Linen

Bila diatas sudah di jelaskan tentang kelebihan dari kain linen ini, maka pada bagian ini akan dibahas kekurangan dari bahan kain linen, dibawah ini ulasan nya.

 

  • Bahan Kain Linen Tergolong Berat

Bagi kamu yang tidak menyukai bahan kain yang berat, mungkin jenis kain linen salah satu yang tidak cocok dengan selera kamu.

Kamu bisa memilih jenis kain yang lebih ringan seperti bahan katun, seperti katun toyobo, katun super nova atau katun ima.

Karena selain jenis kain berat, pada proses pencucian dan pengeringannya juga agak sedikit susah.

Karena kain linen ada beberapa jenis ada yang lebih ringan seperti kain linen look, kain ini tembal tetapi orang orang menganggapnya biasa saja.

Untuk jenis kain linen yang paling ringan adalah jenis kain linen 3G bila dibandingkan dengan kalin linen lainnya. (Source : https://www.mizutex.com)

 

  • Serat Bahan Kain Linen Lebih Mudah Terurai

Dikarenakan serat kain linen ini memiliki ukuran yang besar-besar, hal itu menjadikannya mudah terurai. Agar tidak terjadi hal tersebut kain linen harus dirawat dengan benar.

Dengan perawatan khusus kain linen ini jadi tidak mudah rusak, misalnya dengan melakukan obras penuh pada tidap ujung kain linen, hal tersebut bisa menjadi trik agar mencegah benang kain linen tidak mudah terurai.

 

Keunggulan Kain Linen

 

Cara Merawat Kain Linen

Banyak sekali produk yang dibuat menggunakan bahan kain linen seperti pakaian, sarung guling, sarung bantal, sprei dan selimut.

Karena bahannya dari kain linen sebaiknya kamu mencari informasi  mengenai bagaimana cara untuk melakukan perawatan pada produk yang berbahan kain linen ini.

Agar pakaian atau produk yang menggunakan kain linen ini tidak mudah rusak dan tahan lama.

Pada kain linen yang pertama harus di perhatikan adalah apakah kain linen ini bisa dicuci atau tidak bisa dicuci. Karena ada 2 macam kain linen, kain linen yang bisa dicuci adalah yang memiliki permukaannya tidak rata dan lebih lentur.

Dan untuk bahan kain linen yang tidak dapat dicuci adalah yang memiliki permukaan kain yang lebih kaku dan rata.

Pada saat mau mencuci kain linen sebaiknya kamu bersihkan noda yang menempel pada kain tersebut, baru kemudian pakaiannya dicuci untuk bahan linen yang bisa dicuci.

Untuk proses pencucian kamu bisa menggunakan deterjen yang sudah di campur dengan air hangat, sebelum itu kamu bisa membaca petunjuk suhu di label perawatan yang ada pada pakaian tersebut.

Untuk bahan linen hindari pemakaian pemutih pakaian karena serat bahan linen akan jadi mudah rusak bila dicuci menggunakan bahan kimia seperti pemutih untuk pakaian.

Selain pemutih proses pencucian seperti merendam pakaian yang berbahan linen ini jangan terlalu lama, dan dikucek secara perlahan-lahan saja.

 

Bahan Kain Linen
Bahan Kain Linen

 

Waktu mau dijemur pastikan bagian yang akan dijemur adalah bagian dalam pakaiannya, dan cukup hanya dengan diangin-anginkan saja, tidak perlu terkena sinar matahari langsung.

Untuk proses penyetrikaan sebaiknya dilakukan pada saat pakaian masih lembab, bukan keadaan basah. Hal ini agar perapihan pada pakaian jadi lebih mudah.

Dengan memulai penyetrikaan bagian dalam pakaian lalu bagian luar pakaian agar lebih rapih dan licin.

Untuk pakaian yang terdapat ornament hiasan atau aksesoris, sebaiknya pada waktu menyetrika ditutup dengan kain tipis baru mulai di strika bagian atasnya.

Hal tersebut untuk mencegah kerusakan pada bagian ornamen yang ada pad pakaian. Baru setelah disetrika di gantungkan, jangan dilipat kalau bahan kainnya dari linen.

 

Baca Juga :

Demikianlah ulasan singkat tentang bahan kain linen, semoga informasi tentang kain linen ini bermanfaat buat kamu yang sedang mencari info tentang linen atau mencari bahan kain untuk bahan dasar membuat pakaian.

 

(Shane Hijab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *