Jahit Pakaian

Mengenal Jahit Neci dan Jahit Tepi Serta Kelebihan dan Kekuranganya

Posted on

Jahit Neci dan Jahit Tepi – Buat kamu yang mempunyai konveksi atau jasa menjahit mungkin pernah ditanya tentang bagusan mana jahit neci atau jahit tepi?

Atau buat kamu yang suka menjahit pasti sudah tau tentang dua jenis teknik jahit ini, dan bisa menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangannya bila ada yang menanyakannya.

Untuk yang belum tau apa itu jahit neci dan jahit tepi, di artikel ini akan di jelaskan secara singkat tentang perbedaanya,kelebihan dan kekurangan.

Dari jahit neci serta jahit tepi, dibawah ini adalah penjelasannya silahkan bisa di pelajari.

Pada dasarnya jahit neci dan jahit tepi mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengunci serabut di kain supaya serat kain tidak lepas serta tidak rusak.

Perbedaan secara kasat mata hanya dari mesin yang digunakan serta jenis benang nya saja.

Mesin Jahit
Mesin Jahit

Menjahit

Menjahit ialah suatu pekarjaan menyambung bahan kain, kulit, bulu binatang, pepagan serta bahan lainnya yang bisa di lewati oleh jarum jahit dan benang.

Menjahit bisa dilakukan dengan mesin jahit maupun dengan tangan, memakai jarum serta benang jahit.

Orang yang melakukan pekarjaan menjahit pakaian tau busana di sebut sebagi Penjahit, untuk penjahit pria di sebut juga Tailor kalau penjahit wanita di sebut modiste.

Apa itu Jahit Neci?

Jahit Neci
Jahit Neci

Wolsum atau neci ini ialah suatu teknik dalam mengunci pinggiran kain supaya tidak rusak, dengan cara kerjanya membungkus pinggiran bahan kain dengan benang neci.

Teknik neci ini tidak bisa menggunakan mesin jahit biasa tetapi harus menggunakan mesin jahit khusus neci.

Apa itu Jahit Tepi?

Mengenal Jahit Neci dan Jahit Tepi Serta Kelebihan dan Kekuranganya 1
Jahit Tepi

Jahit tepi ialah suatu teknik mengunci pinggiran kain supaya tidak rusak dengan cara menjahit pada tepi bahan serta melipatnya.

Untuk melakukan jahit tepi ini bisa menggunakan mesin jahit biasa, bila ingin hasil yang bagus kamu bisa menggunakan corong khusus lipat tepi.

Jahit Neci dan Jahit Tepi Mana yang Paling Bagus?

Menjahit

Setelah mengetahui penjelasan teknik menjahit tepi dan menjahit neci, selanjutnya manakah yang lebih bagus hasil jahitannya?

Untuk jawabanya tergantung dari beberapa faktor semisal dilihat dari produk, bentuk jahitan dan bahan kain yang di gunakan.

Bahan Kain

Misalnya bahan kain wolfis ini lebih cocok dan bagus bila menggunakan teknik jahit neci contohnya dalam membuat jilbab.

mesin jahit neci adalah

Disebabkan bila membuat jilbab pada waktu melipat kainnya pada tepi atau pinggiran jilbab biasanya akan terlihat kaku dan mengkerut jadi tidak bagus bila menggunakan jehit tepi.

Berbeda hal nya bila bahan kain spandex atau kaos, kain ini lebih rapi bila menggunakan teknik jahit pinggir, sebab kain terlalu empuk.

Jika menggunakan teknik jahit neci hasilnya jadi tidak bagus akan terlihat keriting di ujung kainnya.

Bentuk Jahitan

Bila dalam pembuatan produk pakaian atau lainnya banyak menjahit zigzag, belok mau pun memutar, lebih cocok menggunakan mesin neci.

mesin jahit neci

Sebab bila menggunakan teknik jahit tepi akan terlihat kaku apalagi bila jenis kain yang digunakannya tipis.

Produk Busana

Misalnya untuk hijab, jahit neci lebih banyak di gunakan apalagi untuk jilbab instan kalau untuk jahitan tepi biasanya untuk jilbab segi empat atau pashmina.

jahit tepi kerudung

Selain jilbab produk pakaian lainnya tergantung dari bahan kain, model busana, dan juga keinginan konsumennya.

Kekurangan dan Kelebihan Jahit Neci dan Jahit Tepi

Setiap teknik pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan, tinggal disesuaikan dengan kebutuhannya saja. Dibawah ini beberapa kekurangan dan kelebihan dari 2 teknik menjahit tersebut.

1. Jahitan Neci

  • Kekurangan Jahit Neci

Teknik Wolsum ini lebih mudah rusak bila dibandingkan dengan teknik jahit tepi, disebabkan neci menggunakan benang untuk membungkus bagian tepi kain supaya terlihat lebih bagus.

Bisa lebih parah lagi bila menjahitnya menggunakan benang dengan kualitas yang kurang bagus, yang hasilnya akan tidak rapi.

Ujung pada kain akan cepat rusak, serta benang mudah putus bila sudah putus akan menular ke bagian yang lainnya.

  • Kelebihan Jahit Neci

Buat merapihkan bagian pinggiran kain teknik jahitan tepi lebih cepat serta bisa di area-area yang sulit, zigzag dan melingkar.

Kualitasnya akan bagus bila menggunakan benang yang berkualitas atau benang neci asli.

2. Jahit Tepi

  • Kekurangan Jahit Tepi

Salah satu kekurangan teknik jahit tepi adalah tidak semua area bisa dijahit dengan teknik ini.

Kalau pun dipaksakan hasilnya akan tidak bagus serta akan tampak kusut, bila terlihat sekilas seperti kain yang di lipat lalu dijahit.

  • Kelebihan Jahit Pinggir

Untuk harga jahit teknik ini lebih ekonomis sebab hanya menggunakan benang jahit pada umumnya, tidak seperti neci yang membutuhkan tambahan benang.

Untuk bagian lurus proses jahitnya lebih cepat apalagi menggunakan corong lipat khusus, selain itu teknik jahit pinggir ini hasilnya lebih awet dibandingkan dengan teknik neci.

Tetapi kembali lagi kepada konsumen atau selera kamu, ingin menggunakan jahitan tepi atau jahit neci.

(Shane Hijab)

One thought on “Mengenal Jahit Neci dan Jahit Tepi Serta Kelebihan dan Kekuranganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *