Bandana Rajut
Bandana Rajut

Mengenal Bandana Rajut dan Ciput Atribut Penyempurna Berjilbab

Posted on

Bandana Rajut – Kamu yang kesehariannya memakai jilbab pasti membutuhkan inner jilbab yang akan membantu merapihkan bagian dalam jilbab.

Salah satunya dengan memakai ciput atau bandana rajut , fungsinya untuk merapihkan rambut agar jilbab tidak bergerak dan tetap dalam posisinya.

Selain itu ada model ciput yang mempunyai efek untuk meniruskan wajah yang mempunyai pipi chuby, hal ini sangat membantu agar wajah terlihat cantik.

Ciput juga menjaga jilbab agar tetap simetris dan terlihat lebih anggun, dengan perpaduan warna ciput serta warna jilbab yang di kenakan.

bandana rajut bayi

Apa itu Bandana?

Bandana adalah sehelai potongan kain persegi atau segitiga yang dipakai atau di ikatkan pada sekeliling leher atau kepala yang berfungsi untuk hiasan atau perlindungan.

Bandana ini sudah popular dan memiliki keragaman dalam segi budaya dan juga agama, serta mempunyai keragaman di kalangan umat agama.

Bahan kain bandana juga bervariasi ada yang bandana kaos ada juga bandana rajut dan lain-lain.


Perbedaan Ciput dan Bandana

Berikut ini perbedaan dari ciput dan bandana yang perlu kamu ketahui, agar kamu bisa memilih mana yang cocok buat kamu gunakan sebagai inner hijab.

Ciput

Ciput

Ciput ialah nama lain dari dalaman kerudung (inner), yang berfungsi untuk menutup rambut secara sempurna serta berfungsi untuk menahan posisi kerudung.

Ciput ini menutup seluruh kepala bila kamu mempunyai rambut panjang, rambut akan di masukan kedalam ciput agar memberi volume kepala serta nampak lebih rapih.

Bandana

Bandana Ciput Rajut

Secara kegunaan sama dengan ciput untuk membuat kerudung tampak rapih dan tetap dalam posisinya.

Bandana rajut contohnya ini berbentuk tabung yang ada lubang di kedua sisinya, sehingga dengan bentuk seperti itu tidak bisa menutupi semua bagian rambut di kepala.

Baca Juga : Berapa Harga Bros Hijab Kekinian Terbaru Tahun Ini

Misal mempunyai rambut panjang akan sulit untuk bisa menutupinya dengan bandana, bandana rajut ini biasanya mempunyai dua sisi warna yang bisa di bolak balik.

Apa Manfaat Menggunakan Ciput Atau Bandana?

Buat kamu yang berhijab di perlukan juga dalaman sebagai pelengkap terlebih lagi pada hijab yang berbahan kain tipis dan juga menerawang.

Perbedaan Ciput dan Bandana

Salah satu solusinya yaitu menggunakan bandana rajut atau ciput rajut sebagai pendukung pemakaian hijab.

Selain menutup aurat, penggunaan inner hijab dengan bentuk, ukuran dan warna tertentu yang berpadu dengan hijab yang di kenakan dapat membantu menambah penampilan jadi lebih anggun.

Berikut ini beberapa manfaat yang di dapatkan bila menggunakan inner hijab, bandana rajut atau ciput rajut.

  • Mendukung Kerapian Hijab

Manfaat yang kamu dapatkan dengan menggunakan inner hijab salah satunya untuk menjaga agar hijab tidak mudah bergeser yang disebabkan bersentuhan dengan rambut yang licin.

bandana rajut segitiga

Selain itu penggunaan bandana rajut ini membantu dalam menutupi aurat rambut, yang biasanya ujung rambut mencuat saat memakai hijab dikarenakan bahan kain hijab tipis atau berpori besar.

  • Membentuk Siluet Kepala

Dalam membentuk siluet yang bagus dan indah pada bagian kepala saat mengenakan hijab adalah dengan penambahan cepol atau sanggul di inner hijab.

bandana rajut rabbani

Dengan penggunaan bandana hijab ini mempermudah disejajarkannya dengan garis kepala teratas agar tidak menyerupai punuk unta.

  • Menyeimbangkan Bentuk Wajah

Dengan adanya bandana rajut dengan berbagai variasi bentuk dan ukuran bisa di fungsikan untuk menyamarkan bentuk wajah agar bisa menampilkan tampilan yang seimbang.

bandana rajut elzatta

Misalnya untuk menyamarkan wajah chuby bisa memakai ciput pet atau ciput ninja yang bisa membuat wajah tampak lebih panjang dan terkesan tirus.

Bila untuk menyamarkan wajah yang panjang bisa menggunakan inner hijab yang berwarna mencolok atau kontras dengan warna hijab yang dikenakan.

  • Menyehatkan Kulit Kepala

Produk bandana rajut yang terbuat dari bahan kain katun yang bisa menyerap keringat serta menjaga kelembaban kulit kepala.

ciput kerudung

Hal itu mampu membuat kulit kepala terasa nyaman dan juga memperkecil adanya ketombe.

Inner hijab berbahan katun ini bisa di kombinasikan dengan hijab instan yang terbuat dari bahan jersey dan kerudung berbentuk segi empat atau hijab segi empat.

Inilah 7 Jenis Ciput, Kamu Suka Pakai Yang Mana?

Kamu yang menggunakan jilbab tentu saja membutuhkan inner atau dalaman jilbab untuk membantu merapikan dan menjaga rambut agar tidak keluar dari jilbab.

Ciput sebagai dalaman jilbab yang menunjang kenyamanan serta sebagai aksesoris yang membentuk wajah sehingga tampil semakin stylish dan cantik.

Dibawah ini jenis – jenis ciput serta ulasan singkatnya, kamu pakai yang mana?

Ciput Bandana

Ciput Bandana
Ciput Bandana

Yang pertama untuk ciput yang berbentuk bandana yang lebar, dan berbahan kain spandek atau kaos yang mempunyai tingkat elastisitas serta nyaman waktu dipakaik.

Ciput ini bisa menutupi area ubun-ubun kepala serta area dahi, dan menjaga rambut agar tidak keluar dari hijab.

Ciput ini di rekomendasikan untuk digunakan ketika kamu memakai jilbab yang berbahan tebal supaya rambut tidak menerawang.

Ciput Rajut

Ciput Rajut
Ciput Rajut

Hampir serupa dengan ciput bandana, tetapi ciput rajut ini lebih lebar lagi jadi lebih menutupi hingga ke bagian belakang kepala.

Bahan ciput ini dari rajut, sehingga tingkat elastisnya maksimal dan nyaman saat digunakan.

Ciput rajut ini tidak menyebabkan telinga kamu sakit. Serta mempunyai dua warna sekaligus dalam satu ciput, agar bisa di bolak balik dalam penggunaannya, menyesuaikan dengan jilbab yang di kenakan.

Ciput Ninja

Ciput Ninja
Ciput Ninja

Produk ciput ninja ini banyak sekali di marketplace, tampilan ciput ninja ini seperti bergo, menutupi seluruh kepala dan bagian leher.

Itulah dinamakan ciput ninja, ciput ini cocok dipakai dengan bahan jilbab yang tipis atau pada waktu bergaya berkerudung yang hanya di sampirkan pada sekeliling wajah.

Ciput Antem

Ciput Antem
Ciput Antem

Model ciput ini paling banyak di cari dan paling laris di pasaran, karena memberikan efek kepada yang merasa mempunyai pipi tembem.

Sesuai namanya ciput antem (anti tembem), tampilannya mirip dengan ciput ninja, yang membedakan ciput antem ini lebih menutupi bagian pipi sehingga menampilkan efek tirus pada wajah.

Ciput Arab

Ciput Arab
Ciput Arab

Selanjutnya ada ciput arab tampilannya seperti topi kupluk yang cara menggunakannya sangat praktis.

Ciput ini yang paling simpel serta kelebihannya adalah menutup seluruh bagian rambut.

Ciput Pet

Ciput Pet
Ciput Pet

Buat kamu yang ingin jilbab yang di kenakan tetap rapi dan simetris bisa menggunakan ciput pet ini.

Tampilannya hampir sama dengan ciput arab tetapi bentuk yang mancung seperti topi di bagian depan untuk memastikan jilbab kamu rapih dan simetris.

Ciput Anti Budek

Ciput Anti Budeg
Ciput Anti Budeg

Salah satu masalah yang sering di alami saat memakai ciput ialah sakit di telinga atau telinga terasa budek disebabkan tertutup ciput.

Ciput anti budek ini salah satu solusi ciput yang memiliki cut out pada bagian telinga, sehingga bisa mengantisipasi telinga tertutup ciput.

Demikianlah ulasan tentang bandana rajut serta jenis jenis ciput yang banyak digunakan oleh perempuan berjilbab, semoga informasi tersebut ada manfaatnya.

(Shane Hijab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *